Fakta Unik Tes CPNS: Dari Bawa Jimat hingga Pakai Joki

Vadhia Lidyana - detikFinance
Jumat, 21 Feb 2020 06:25 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial membuka pelaksanaan tes CPNS Kota Bandung. Tes CPNS itu digelar di Graha Batununggal, Kota Bandung.
Foto: Wisma Putra

5 Pelamar CPNS di Sulsel Nekat Sewa Joki Ujian

BKN mencatat masih ada peserta SKD CPNS tahun 2019 yang menggunakan joki. Ada 5 orang yang tertangkap sebagai joki seleksi CPNS di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Ada 5 orang yang menggunakan joki, di Sulsel. Entah kenapa setiap tahun ada joki yang kami tangkap di Sulsel," kata Bima.

Bima mengungkapkan, penyedia jasa joki tes CPNS ini kerap beraksi dan terbilang sudah ahli. BKN pun sudah menyerahkan 5 joki tersebut kepada pihak Kepolisian.

"Ini sebenarnya profesional, ada penyedia jasa joki. Tapi kami sudah tangkap di sana dan sudah kami serahkan ke pihak Kepolisian," ujar Bima.

Bagi pesertanya, Bima mengusulkan yang menggunakan joki tersebut dilarang mengikuti seleksi CPNS tahun berikutnya.

"Itu perbuatan yang melanggar hukum. Kami akan mengusulkan untuk diskualifikasi dan kalau dari BKN tidak boleh ikut lagi. Tapi itu masih usulan kami," kata Bima.

Bima mengatakan, usulannya ini masih perlu dibahas lebih lanjut dengan kementerian/lembaga terkait. Namun, ia memastikan 5 peserta itu tak lolos ke tahap selanjutnya.

Tak hanya itu, fakta unik lainnya yakni banyak peserta SKD yang hadir dengan peristiwa yang lucu bahkan dramatis.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Awasi Seleksi CPNS, Komisi II DPR Akan Bentuk Panja ASN"
[Gambas:Video 20detik]