Follow detikFinance
Minggu 14 Jun 2015, 17:30 WIB

d'Preneur Spesial Surabaya

CT: Baru Jadi Pengusaha Tak Usah Gaya-gayaan Pakai Pegawai

Angga Aliya - detikFinance
CT: Baru Jadi Pengusaha Tak Usah Gaya-gayaan Pakai Pegawai
Surabaya - Banyak orang Indonesia yang baru mulai buka usaha langsung merekrut karyawan. Padahal, seharusnya bisnis untuk tahap awal harus dilakukan oleh sendiri.

"Saya dulu memulai usaha tidak punya karyawan. Dimulai dari diri sendiri dengan usaha informal. Setelah omzet lumayan, saya punya satu orang karyawan untuk bantu-bantu," kata pengusaha nasional pemilik CT Corpora, Chairul Tanjung (CT), di seminar d'Preneur Spesial Surabaya di Dyandra Convention Center, Surabaya, Minggu (14/6/2015).

CT mengatakan, bila omzet sudah bisa menggaji 10 karyawan, maka ambil satu manajer untuk mengurus karyawan. Setelah itu tunggu sampai bisnis kembali tumbuh dan punya 10 manajer, setelah itu rekrut 1 orang direktur.

"Kalau direktur sudah ada 10 baru ambil satu presiden direktur. Jadi jangan gaya-gayaan punya pegawai, nanti lebih besar pasak daripada tiang. Mulai lah bisnis dengan lakukan semua sendiri dari A sampai Z," ujarnya.

"Semua itu proses, jangan pernah berkembang infrastruktur duluan baru bisnisnya. Kalau infrastruktur tumbuh duluan itu bisa karena warisan. Prinsipnya tingkatkan sales, marjin, dan cost harus ditekan. Itu rumusannya. Jangan pernah melangar hukum pengusaha itu," ujarnya.

(ang/hen)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed