Follow detikFinance
Senin 22 May 2017, 20:42 WIB

d'Preneur

Tahir: Mau Sukses Harus Punya Visi

Michael Agustinus - detikFinance
Tahir: Mau Sukses Harus Punya Visi Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur (Foto: Angga Aliya/detikFinance)
Jakarta - Pengusaha nasional, Tahir, membagi manusia dalam 4 tingkatan. Menurutnya, kesuksesan ditentukan oleh 4 tingkatan ini.

Tingkatan pertama, yang paling rendah, adalah orang yang bekerja hanya atas dasar kesenangan, hobi, selera.

"Level manusia yang terendah adalah manusia yang bekerja atas hobi, selera dia. Orang Barat bilang 'be your self'. It is wrong. Anak saya yang ketiga agak western. Bintang film semua dia tahu. Begitu lulus dia bilang hobinya mau bergerak di perfilman. Saya bilang No. Saya kasih kerjaan, enggak mau karena bukan hobinya," tutur Tahir dalam acara d'Preneur di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Kemudian tingkatan yang lebih tinggi adalah orang yang bekerja atas dasar tanggung jawab, bukan lagi karena kesenangan. Yang dipentingkan bukan kepentingan pribadi, tapi untuk orang lain.
"Suatu hari anak saya yang ketiga itu nikah, punya anak. Kalau sekarang ketemu dia, dia sudah punya anak. Dia menyadari ada hal yang lebih tinggi dari hobi, namanya tanggung jawab. Dia kerja karena tanggung jawab, bukan karena hobi, feel. Maka don't be your self, jadilah Bill Gates, jadilah Pak Jokowi. Kerja bukan lagi hobi, tanggung jawab, tidak mementingkan diri sendiri," ujar Bos Mayapada Group itu.

Satu tingkat yang lebih tinggi lagi adalah pemimpin yang bekerja keras karena tanggung jawab"Kalau suatu hari you sukses di bidang itu, jadi leader. Anda naik satu tingkat lagi. Tapi itu bukan yang paling tinggi," ucap Tahir.

Kemudian tingkatan yang paling tinggi adalah pemimpin yang bekerja keras karena tanggung jawab dan punya visi. Visi yang muncul karena bekerja dengan hati, bisa mengubah dunia, yang memberi manfaat bagi banyak orang.

"Yang paling tinggi adalah visionery. Apa itu visi? Visi itu karena kerja keras, pakai hati kerjanya, lalu melihat 100 langkah lebih jauh dari orang lain. Orang paling tinggi adalah visionery, bisa mengubah dunia. Bisa melihat yang tidak dilihat orang lain dan sesuatu itu mengubah segala sesuatu," kata Tahir.

Manusia di tingkat inilah yang paling sukses karena memberi berkah bagi banyak orang.

"Vision change the world. Vision muncul karena you kerja keras," pungkas Tahir.

Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'PreneurPengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur. Foto: Angga Aliya/detikFinance
(mca/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed