Follow detikFinance
Senin 22 May 2017, 21:35 WIB

d'Preneur

Tahir: Berbuat Baik Tak Memiskinkan Anda

Michael Agustinus - detikFinance
Tahir: Berbuat Baik Tak Memiskinkan Anda Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur (Foto: Angga Aliya/detikFinance)
Jakarta - Pengusaha nasional yang juga dikenal sebagai seorang filantropi, Tahir, mengatakan berbagi tidak akan membuat orang jadi miskin. Jangan hitung-hitungan kalau berbuat baik.

"Berbuat baik tidak memiskinkan anda. Berbuat baik itu enggak ada harinya, enggak ada persentasenya," kata Tahir dalam acara d'Preneur di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Perbuatan baik bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Tahir bercerita pernah suatu hari di Medan ia melihat anak jalanan dalam perjalanan menuju Bandara Polonia.

"Saya cerita sedikit kesaksian. Suatu hari di Medan ikut konferensi. Besok paginya saya pulang. Di Polonia kena lampu merah, saya lihat anak kecil jual koran. Supir saya klakson, dia datang. Saya kasih Rp 20 ribu buat dia sarapan," ujar Tahir.

"Masalah timbul. Saya enggak bisa tenang di pesawat. Sampai di Singapura, saya telepon ke kantor cabang saya di Medan. Saya minta tolong cari anak itu, kasih Rp 200 ribu untuk beli pakaian yang baik," ucap Tahir.

Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'PreneurPengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur (Foto: Herianto Batubara)

"30 menit kemudian saya ditelepon, ayahnya baru meninggal, ibunya jualan koran juga. Kalau gitu rencana berubah, tolong kasih Rp 500 ribu supaya dia tidak jualan koran lagi, sekolah saja," tutur Bos Mayapada Group ini.

Tahir menambahkan, krisis-krisis ekonomi besar bisa membuat ambruk perusahaan-perusahaan raksasa. Tapi tidak ada perusahaan besar atau orang yang bangkrut karena berbuat baik.


"Dalam krisis 1997, 2008, perusahaan 100 tahun di Amerika Serikat saja bisa jatuh. Citibank bisa bangkrut kalau enggak dibantu pemerintahnya. Tapi saya belum pernah lihat orang jatuh karena berbuat baik," tutupnya.
(mca/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed