Follow detikFinance
Senin 22 May 2017, 21:52 WIB

d'Preneur

Tiga Orang Ini Menginspirasi Tahir Jadi Filantropi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Tiga Orang Ini Menginspirasi Tahir Jadi Filantropi Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur (Foto: Angga Aliya/detikFinance)
Jakarta - Pendiri Mayapada Group, Tahir, menceritakan 3 orang yang menginspirasinya menjadi filantropi alias dermawan. Dia menyebutkan mantan Gubernur Jawa Timur bernama Mohammad Noer.

"Dia dulu sering datang ke kantor saya 24 tahun lalu, dia sering mengajak saya untuk membantu operasi jantung masyarakat di sana," kata Tahir dalam acara d'Preneur di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Senin (22/5/2017).

Kemudian, politikus Hidayat Nur Wahid juga menjadi salah inspirasi Tahir. Dia mengatakan, Hidayat merupakan mentor yang baik untuk dia. Karena dia sangat peduli dengan isu-isu kemanusiaan dan setiap kali ada bencana dia selalu hadir.

Lalu pendiri Microsoft, Bill Gates juga mengubah cara pandangnya di dunia filantropi. Dia menceritakan, pernah membantu orang yang operasi otak, kemudian orang itu berterima kasih ke dokter.

Tiga Orang Ini Menginspirasi Tahir Jadi FilantropiPengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur (Foto: Angga Aliya/detikFinance)
"Saya senang, dapat respons dia sembuh," kata dia.

Dia menceritakan, Bill Gates bergerak di filantropi yang tidak mendapatkan respon langsung. Karena dia menyasar pencegahan. Contohnya vaksin untuk polio, dia membiayai riset-riset untuk pencegahan polio.


"Kita harusnya apresiasi ke dia, karena mereka lah yang berusaha mencegah polio dengan riset," ujarnya.

Kemudian Bill Gates juga fokus ke pencegahan lepra. Saat ini, lepra sudah masuk ke Papua, padahal dulu sempat hilang. Dia menyebutkan, Bill Gates sudah mengeluarkan dana untuk filantropi sebesar US$ 33 miliar.
(hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed