Follow detikFinance
Senin 22 May 2017, 22:00 WIB

d'Preneur

Mau Bisnis Tapi Modal Cekak? Ini Tips dari Tahir

Muhammad Idris - detikFinance
Mau Bisnis Tapi Modal Cekak? Ini Tips dari Tahir Pengusaha Nasional, Tahir di acara d'Preneur (Foto: Herianto Batubara)
Jakarta - Bicara memulai bisnis tentu selalu dikaitkan dengan modal. Banyak orang mengurungkan niatnya merintis usaha lantaran terbentur masalah modal.

Pengusaha nasional, Tahir, mengungkapkan usaha tak mesti harus menunggu modal besar terlebih dulu. Jika jeli melihat peluang, banyak peluang usaha bermodal minim yang jika dikembangkan serius, bisa jadi usaha besar.

"Soal modal itu perlu input pelan-pelan sesuai kemampuan. Kita perlu masuk ke gelanggang yang ada comparative advantages buat kita. Kalau misalnya modal kecil tapi masuk ke perusahaan petro chemical ya babak belur karena modalnya besar," ujar Tahir dalam acara d'Preneur di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Senin (22/5/2017).

"Bisnis soto siapapun bisa. Anda ke Surabaya bawa orang Madura ke Jakarta, terus jualan soto Madura di Jakarta bisa saja. Soto Anda bisa bersaing dengan siapapun. Tergantung akal-akalan kita saja bagaimana," tambahnya.


Namun demikian, bagi yang ingin merintis bisnis, dirinya menyarankan tidak masuk ke bisnis yang tengah jenuh (sunset). Menurutnya, di Indonesia sendiri beberapa sektor industri tumbuh sangat subur dan bisa dimasuki tanpa modal besar.

"Saya tidak sarankan Anda masuk ke bisnis yang masuk sunset. Sektor maritim saat ini opportunity bagus, kemudian pariwisata, ada prospek yang sangat bagus. Ketiga sektor pertanian. Anda tanam cabai jadi petani, its not bad, apalagi jika menanam yang khusus dan dibutuhkan," ujar pendiri Mayapada Group ini.

(idr/hns)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed