Follow detikFinance
Selasa 15 Aug 2017, 20:32 WIB

d'Preneur

Kisah Bos Brodo Mulai Bisnis Bermodal Tabungan THR Sejak SD

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kisah Bos Brodo Mulai Bisnis Bermodal Tabungan THR Sejak SD Foto: Maikel Jefriando-detikFinance
Jakarta - Siapa sangka modal awal seorang Yukka Harlanda, founder Brodo, dikumpulkan dari tabungan yang dikumpul sejak SD. Pria bernama lengkap Muhammad Yukka Harlanda itu bercerita sumber uang tabungan didapat dari uang THR saat Lebaran.

"Sampai sekarang saya masih ingat, tiap Lebaran itu dapat THR. Ditabung di bank, dari SD sampai kuliah. Pas saya cek, kirain sudah Rp 100 juta, ternyata cuma Rp 3,5 juta," katanya yang kemudian disambut tawa oleh para hadirin dalam acara d'preneur Entrepreneur Juara di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (15/8/2017).


Akhirnya, dari uang sebesar Rp 3,5 juta tersebut ia pakai untuk modal membuat empat lusin sepatu. Seiring waktu berjalan, akhirnya sukses membuat dan memasarkan sepatu dengan merek Brodo. Mulai dari duit tabungan, pinjam dari orang tua, keluarga hingga bisa meminjam ke bank.

"Karena kita start pas kuliah, jadi masih dapat passive income. Ada duit tambahan, kita pakai jajan, dan lain-lain. Tapi begitu lulus, kita butuh ekspansi, mulailah pinjam-pinjam duit, pinjam ke bank dan akhirnya lanjut terus," tutur Yukka. (eds/hns)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed