Follow detikFinance
Selasa 15 Aug 2017, 20:48 WIB

d'Preneur

Misi Anomali Coffee: Kenalkan Ragam Kopi Asli Indonesia

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Misi Anomali Coffee: Kenalkan Ragam Kopi Asli Indonesia Foto: Maikel Jefriando-detikFinance
Jakarta - Kehadiran coffee shop di setiap sudut kota, khususnya Jakarta kian bertambah setiap waktu. Maraknya kehadiran coffee shop di kota besar juga didukung oleh hobi masyarakat yang suka berkumpul dan berbincang dengan teman-temannya.

Anomali Coffee hadir menawarkan keunggulan kopi asli Indonesia kepada masyarakat yang belum banyak mengetahui tentang ragam kopi asli Indonesia.

"Justru diutamakan speciality coffee, keragaman rasa di situ Indonesia menang. Kalau misalnya saya tinggal enggak di Indonesia, enggak bisa sebangga sekarang," kata Irvan Helmi co-founder Anomali Coffee dalam acara d'preneur Entrepreneur Juara di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

"Jadi justru itu yang kita mainkan," tambah Irvan.

Menjalankan bisnis kopi juga tak melulu berjalan mulus. Di tahap awal pencarian biji kopi, Irvan mengaku sempat kebingungan. Hingga pada akhir 2007 ia bersama rekannya mencari biji kopi ke Bondowoso.

"Ketika pertama kali problem sourcing biji kopi. Dua-duanya (Irvan dan rekannya) enggak ada background lulusan pertanian. Mana? Datang ke kebun Bondowoso 2007 akhir. Panen, lagi enggak. ke sana ngapain?" ujar Irvan.

Tak berhenti di situ, dalam mengembangkan bisnisnya, Irvan juga ingin mereknya bisa bersaing dengan merek coffee shop asing yang sudah banyak ada di Indonesia.

Anomali Coffee juga tak hanya sebatas menjalankan bisnis coffee shop, Anomali Coffee juga menjual beberapa peralatan kopi yang diimpor dari beberapa negara dan juga membuka sekolah khusus untuk barista yang ingin belajar lebih dalam membuat kopi.

"Sekarang Alhamdulillah Anomali acting group ada sebagai coffee shop, ada kopi asli Indonesia, impor mesin-mesin. Ketiga punya entitas Indonesia Coffee Academy pusat sekolahnya barista," ujar Irvan. (ara/dna)
​​​Promosikan bisnis kamu, ​​​detik ini juga​​ di adsmart.detik.com
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed