Follow detikFinance
Selasa 15 Aug 2017, 21:10 WIB

d'Preneur

Bos Brodo: Harga Kulit Bahan Baku Sepatu Tiap Tahun Naik

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Bos Brodo: Harga Kulit Bahan Baku Sepatu Tiap Tahun Naik Foto: Maikel Jefriando-detikFinance
Jakarta - Pengusaha muda pemilik brand sepatu Brodo, Yukka Harlanda, mengatakan harga sepatu setiap tahun semakin mahal. Ini lantaran harga kulit sapi yang menjadi bahan dasar pembuatan sepatunya juga semakin mahal setiap tahunnya.

Menurutnya, situasi ini tak lepas dari tidak efisiennya biaya logistik pasokan kulit sapi.

"Kenyataannya memang tiap tahun harga kulit naik, pasti naik. Jadi itu masalah suplai dan efisiensi memang. Jadi harga Brodo pasti naik lagi, naik lagi," katanya dalam acara d'preneur Entrepreneur Juara di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Selasa (15/8/2017).

"Dari kualitas, lucunya kita punya sapi di NTT, biaya pengirimannya ke Jawa jauh lebih mahal dibanding sapi dari Australia dikirim ke Jawa," sambungnya.

Namun di saat yang sama, anehnya, ia malah menemukan fakta bahwa hasil kulit sapi yang diproduksi di Indonesia bisa diekspor ke luar negeri.

"Kita banyak sekali nemu dari daerah seperti Garut, tapi enggak mau suplai ke Indonesia. 100% ekspor dan ternyata ini Indonesia bisa bikin sesuatu bernilai tinggi," terang Yukka.

Untuk itu, program pembangunan infrastruktur yang digalakkan pemerintah saat ini menjadi penting untuk mengurangi pembengkakan biaya pada sisi logistik.

"Makanya itu ada program infrastrukturnya Pak Jokowi untuk bisa mengurangi itu (biaya logistik)," pungkas Yukka. (eds/hns)
Usaha Anda ingin kami iklankan, silahkan klik disini untuk bergabung dengan Adsmart!
Kunjungi adsmart.detik.com sekarang juga, untuk mempromosikan bisnis usaha Anda
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed