Follow detikFinance
Rabu 11 Jan 2017, 15:10 WIB

ESDM: Elpiji 3 Kg Masih Dapat Subsidi

Michael Agustinus - detikFinance
ESDM: Elpiji 3 Kg Masih Dapat Subsidi Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Pemerintah akan melakukan subsidi langsung elpiji 3 kilogram (kg). Artinya, mereka yang berhak memakai elpiji 3 kg adalah rumah tangga miskin dan pelaku usaha mikro.

Setiap rumah tangga miskin dan pelaku usaha mikro akan dibekali kartu khusus untuk membeli elpiji 3 kg.

"Rencananya, masyarakat yang berhak menerima subsidi elpiji 3 kg diberikan subsidi langsung," ujar Direktur Pembinaan Hilir Migas Kementerian ESDM, Setyorini Tri Hutami kepada detikfinance, Rabu (11/1/2017)

Dalam rencana pemerintah, setiap rumah tangga miskin dan pelaku usaha mikro akan mendapat jatah beberapa tabung elpiji 3 kg setiap bulan. Misalnya, untuk rumah tangga akan mendapat jatah 3 tabung per bulan dan pelaku usaha mikro 9 tabung.

Kebijakan distribusi langsung diambil karena elpiji 3 kg yang disubsidi pemerintah justru dinikmati masyarakat yang tergolong mampu. Dengan kata lain, melalui kebijakan ini subsidi elpiji 3 kg akan tepat sasaran karena hanya dinikmati rumah tangga miskin dan pelaku usaha mikro.

Lantas, bagaimana dengan masyarakat mampu yang masih menggunakan elpiji 3 kg. Apakah mereka harus membeli elpiji dengan harga non subsidi alias harga normal?

"Semua masih dikaji ya," pungkas Setyorini. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed