Follow detikFinance
Kamis 23 Mar 2017, 12:32 WIB

Ratusan Pekerja Freeport Gelar Aksi Demo di Papua

Wilpret Siagian - detikFinance
Ratusan Pekerja Freeport Gelar Aksi Demo di Papua Foto: Wilpret Siagian
Timika - Pekerja PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar aksi demo damai di Bundaran Timika Indah, Papua, Kamis (23/3/2027). Ikut dalam aksi itu Lembaga Adat Suku Amungme (Lemasa), Lembaga Adat Suku Kamoro (Lemasko), Yayasan Hak Asasi Manusia Anti Kekerasan Timika (Yahamak).

Kemudian, Gerakan Moral Amungme Kamoro, dan perwakilan paguyuban-paguyuban masyarakat di Timika. Aksi demo dilakukan karena belum ada solusi dari Pemerintah terhadap permintaan para pekerja yang telah disampaikan baik di Kabupaten Mimika dan di Jakarta.

Baca juga: Pemerintah dan Freeport Terus Berunding Tiap Selasa

Mereka meminta pemerintah mengizinkan Freeport mengekspor konsentrat sehingga kegiatan penambangan di Freeport tetap berjalan. Selain itu, mereka berharap penyelesaian masalah Freeport ini bisa berjalan lancar dan tidak mengganggu tatanan kehidupan sosial, ekonomi, dan keamanan di Kabupaten Mimika, maupun Papua secara umum.

Demo pekerja PT Freeport Indonesia di Timika PapuaDemo pekerja PT Freeport Indonesia di Timika Papua Foto: Wilpret Siagian

"Sebagaimana tuntutan kami sebelumnya saat berdemo di Timika pada 17 February, 2017, di Istana Presiden Republik Indonesia, di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, dan di Dewan Perwkilan Rakyat Republik Indonesia pada 7-8 Maret 2017, maka kami akan kembali melakukan aksi lanjutan di Timika, jika pemerintah tidak menanggapi," ujar salah satu peserta aksi.

Baca juga: Tambang Bawah Tanah Freeport Tak Boleh Terbengkalai

Sebelumnya, para pekerja PTFI sempat menggelar aksi demo di depan Kantor Kementerian ESDM, Jakarta. Tuntutan mereka juga sama, meminta pemerintah mengizinkan Freeport ekspor konsentrat, sehingga aktivitas pertambangan bisa berjalan kembali. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed