Follow detikFinance
Senin 27 Mar 2017, 09:32 WIB

Pakai Gaslink, Langganan Gas PGN Tak Lagi Pakai Sambungan Pipa

Muhammad Idris - detikFinance
Pakai Gaslink, Langganan Gas PGN Tak Lagi Pakai Sambungan Pipa Direktur Komersial PGN, Danny Praditya (Foto: Dok.PGN)
Jakarta - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk terus memperluas akses pemanfaatan gas bumi ke masyarakat. Salah satunya dengan mendistribusikan 'energi baik' ini tanpa pipa untuk sektor usaha atau yang lebih dikenal dengan Gaslink.

Direktur Komersial PGN, Danny Praditya, mengungkapkan pelaku industri menengah dan menengah bawah seperti restoran dan hotel bisa menikmati gas meskipun tak ada sambungan ke jaringan pipa gasnya. Hal ini lantaran gas bumi telah diubah menjadi Compressed Natural Gas (CNG) sebelum diantarkan ke pelanggan langsung lewat kendaraan khusus.

"Gaslink manfaatkan fasilitas SPBG yang kita punya, moda transportasi kita komprasi di taruh dalam alat, itu yang kita taruh di UMKM. Suupaya undertaking PGN pada masyarakat bisa dirasakan," jelas Danny kepada detikFinance di kantor pusat PGN, Jakarta, pekan lalu.

Diungkapkannya, Gaslink tersebut didedikasikan untuk mensubtitusi gas elpiji non subsidi yakni ukuran 12 kg dan 50 kg yang lumrah dipakai untuk skala usaha. Penggunaan gas bumi tentu akan membuat ongkos usaha lebih efisien lantaran harganya yang lebih murah.

"Gas link buat UMKM, sebetulnya dedikasikan untuk konversi LPG 50 kg dan 12 kg. Karena kita masih tergantung impor LPG, harga lebih kompetitif jadi kita coba subtitusi," ungkap Danny.

Selain menyasar gas UMKM lewat Gaslink, PGN pun membuka pasar dengan penyediaan gas untuk berbagai kebutuhan usaha. Seperti membantu pengusaha UMKM untuk membuat restoran keliling menggunakan food truck.

"Ada display kontainer (food truck) lengkap bagaimana gas bumi bisa dipakai untuk dryer, kompor, AC, sampai generator listriknya. Ini ibaranya dulu PGN seperti taksi, mahal pun dibeli dan orang antre, sekarang banyak threat (ancaman) ada taksi online, mau tak mau kita harus adaptasi," pungkas Danny. (idr/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed