Follow detikFinance
Kamis 20 Jul 2017, 20:37 WIB

Mengintip Pembangunan Jaringan Gas PGN di Lampung

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Mengintip Pembangunan Jaringan Gas PGN di Lampung Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Bandar Lampung - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sedang membangun jaringan gas kota di wilayah Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Sebanyak 10.321 jaringan bakal tersambung ke rumah-rumah warga di sana.

Proyek tersebut telah mulai dilakukan sejak tahun 2017. Di bulan September hingga Desember 2016 lalu, PGN pun telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat Bandar Lampung, sekaligus melakukan pendataan untuk warga yang berhak menerima sambungan instalasi jaringan gas bumi dengan gratis.

Saat ini, pengerjaan tersebut masih terus berlangsung. Pantauan detikFinance di Jalan Gatot Soebroto, Pahoman, Bandar Lampung, sejumlah pekerja tengah melakukan penggalian di pinggir jalan untuk menyambung jalur pendistribusian gas untuk rumah tangga tersebut.

Pengerjaan jaringan gas di Bandar LampungPengerjaan jaringan gas PGN di Bandar Lampung Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance



Penggalian dilakukan di atas jalan beraspal di pinggir jalan raya. Mereka terus menggali sedalam 140 cm menggunakan tenaga tangan untuk dapat memasukkan pipa gas berdiameter 180 milimeter (mm) yang berfungsi menjadi jalur pengantar gas ke rumah-rumah warga.

Pengerjaan terbagi dalam beberapa tim. Di kawasan tersebut, salah seorang pengawas pekerjaan, Budi winarso, mengungkapkan ia bersama timnya yang berjunmlah sekitar 30 orang terus bekerja siang dan malam untuk dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa mengganggu kenyamanan masyarakat.

Pembangunan jaringan gas PGN di Bandar LampungPembangunan jaringan gas PGN di Bandar Lampung Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

"Kalau kita mengikuti jalur saja, yang penting jangan sampai mengganggu warga. Jadi kerjaan (galian) ini harus selesai hari ini, harus terutup hari ini. Enggak boleh ada yang terbuka," terangnya saat berbincang dengan detikFinance di lokasi penggalian, Lampung, Kamis (20/7/2017).


Di pengerjaan galian itu, pekerja juga telah dipasangi garis pembatas yang menandakan sedang dilakukan proyek pembangunan. Semua tertata rapi. Pipa-pipa untuk sambungan gas pun telah siap untuk dimasukkan ke dalam lubang galian.

Pengerjaan jaringan gas PGN di Bandar LampungPengerjaan jaringan gas PGN di Bandar Lampung Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance

Untuk saat ini, PGN telah melakukan instalasi sambungan gas bumi terhadap 3.000 rumah di Bandar Lampung. PGN sendiri membangun jaringan tersebut sepanjang 190 kilometer. Dalam seminggu rata-rata PGN dapat memasang 2.000 instalasi ke rumah tangga, dengan sambungan distribusi rata-rata 3 km dalam sehari. Ditargetkan, seluruh pengerjaan dapat rampung pada Desember 2017. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed