Follow detikFinance
Senin 13 Nov 2017, 18:12 WIB

Apa Manfaat Daya Listrik Naik Jadi 4.400 VA?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Apa Manfaat Daya Listrik Naik Jadi 4.400 VA? Foto: Tim Infografis, Luthfy Syahban
Jakarta - Pelanggan listrik rencananya akan disederhanakan. Penyederhanaan ini berlaku kepada pelanggan golongan 900 VA non subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA. Semua golongan tersebut akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 4.400 VA.

Sedangkan golongan 450 VA dengan pelanggan sebanyak 23 juta rumah tangga dan golongan 900 VA dengan pelanggan 6,5 juta rumah tangga yang disubsidi oleh pemerintah, tidak mengalami perubahan.

Sementara golongan 4.400 VA hingga 12.600 VA dinaikkan dan ditambahkan dayanya menjadi 13.000 VA, dan golongan 13.000 VA ke atas dayanya akan di-loss stroom.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengungkapkan penambahan daya tersebut bertujuan memudahkan pelanggan ketika menggunakan sejumlah alat elektronik secara bersamaan.

Pelanggan PLN pun nantinya tidak perlu khawatir daya listrik di rumahnya tidak cukup dengan mengorbankan peralatan elektronik lainnya.

"Ini sederhana sekali bahasanya dan sudah bilang, 1.300 misalnya, pasang kulkas, pasang AC, pasang setrika mati enggak? Kemungkinan mati. Nah ini yang akan kita naikkan, bukan 1.300, menjadi lebih tinggi, tetapi tarifnya kita usahakan sama. Jadi ada penyederhanaan golongan dengan harapan tarifnya sama," kata Arcandra di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017).

Menurut Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng, penambahan daya alias penyederhanaan golongan pelanggan listrik ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Misalnya, masyarakat bisa meningkatkan produktivitas usahanya di rumah tanpa harus takut kekurangan daya terpasang.


"Kan sebenarnya untuk alat produksi, kan kalau semakin banyak orang bisa berproduksi, apalagi sekarang kan di era internet of things, bisa bisnis dari rumah. Kan artinya kan orang di rumah itu yang tadinya bisa masak kue dan dipasarkan kan gitu lho. Untuk meningkatkan itu sebenarnya," ujar Andy di Hotel JW Marriott, Jakarta Selatan.

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan nantinya penambahan daya listrik dalam upaya penyederhanaan golongan pelanggan listrik tidak dikenakan biaya tambahan bagi pelanggan. Tarif listrik pun dijamin tidak akan mengalami kenaikan meskipun daya listriknya ditambah.

"Tidak ada kenaikan tarif dan kita upayanya nantikan ada rencana positif bagi kepentingan masyarakat yang ingin tambah daya mereka ingin tidak membayar," ujar Sofyan.

Anda setuju atau tidak dengan rencana kenaikan daya listrik tersebut? Ikuti polling di bawah ini.

(ara/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed