Follow detikFinance
Jumat 17 Nov 2017, 10:26 WIB

Masih Tegak Setelah Ditabrak Novanto, Tiang Listrik PLN Terbuat dari Apa?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Masih Tegak Setelah Ditabrak Novanto, Tiang Listrik PLN Terbuat dari Apa? Foto: Istimewa/detikcom
Jakarta - Setelah sempat menghilang saat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berupaya menjemput paksa, Setya Novanto diketahui mengalami kecelakaan.

Mobil yang ditumpanginya menabrak tiang listrik di kawasan Jalan Permata Berlian, Jakarta Selatan. Akibat kecelakaan itu sang Ketua DPR dirawat di RS Medika Permata Hijau, Kondisi Novanto luka parah dan kepalanya bengkak seperti bakpao.

Untungnya, tiang listrik yang ditabrak oleh Setya Novanto masih bisa berdiri dengan tegak. Tiang itu juga tak banyak mengalami kerusakan akibat kecelakaan tersebut. Terbuat dari apa bahannya?



Kepala Satuan Korparate Komunikasi PT PLN (Persero), I Made Suprateka, mengatakan bahan baku tiang listrik terdiri dari beberapa macam, tergantung dari jenis fungsi tiang listrik itu sendiri.

"Bahannya kemungkinan ada dari aluminium, bekisting beton, lalu dari besi-besi. Kalau tiang listrik untuk jaringan tegangan rendah (JTR) itu biasanya dari besi pipa, biasanya itu untuk ke rumah-rumah. Kalau yang rendah itu biasanya pipa yang disambung, pipa kumparan. Kalau jaringan tegangan menengah (JTM) biasanya ada dua, pakai beton, atau aluminium yang tebal," jelasnya kepada kepada detikFinance, Jakarta, Jumat (17/11/2017).


Namun, Made mengatakan, walau terbuat dari bahan apapun, tiang listrik biasanya akan pasti mengalami perubahan bentuk fisik jika ditabrak dengan kendaraan, terutama sekelas mobil yang ditumpangi Novanto.

"Jadi walau terbuat dari apapun, tapi kalau ditabrak apalagi sekelas mobil itu pasti ada minimal bengkok. Ada saksi enggak yang lihat nabrak? Saksi kalau tiang listrik PLN ditabrak mobil. Kalau benar ditabrak, enggak adalah (tiang listrik) yang sekuat itu, pasti bengkok," pungkasnya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed