Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Jun 2018 21:07 WIB

Ini Deretan Daerah yang Sumbang Keuntungan Buat PLN

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - PT PLN (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia listrik di Indonesia. PLN memiliki tugas untuk memastikan pasokan listrik di Indonesia aman.

Direktur Bisnis Regional Jawa bagian Barat PLN Haryanto WS selama ini PLN hanya mendapatkan untung penjualan listrik dari tiga daerah, yaitu Jakarta, Banten, dan Bali.

Haryanto menjelaskan dari tiga lokasi tersebut terdapat selisih biaya pokok produksi (BPP) listrik dengan penjualan. Misalnya untuk wilayah Jakarta ada sebesar Rp 140 per kWh, Banten Rp 110 per kWh, dan Bali Rp 150 per kWh.

"Di Jakarta, selisih BPP listrik dengan penjualan sebesar Rp 140 per kWh. Di Banten sekitar Rp 110 per kWh, Bali sekitar Rp 150 per kWh," jelasnya di kantor PLN Distribusi DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (13/6/2018).


Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini BPP listrik bisa lebih ditekan dengan pembangunan pembangkit listrik sebesar 35 ribu megawatt (MW) yang selesai beberapa tahun mendatang. Sebab pembangunan tersebut akan menghasilkan harga listrik yang lebih murah.

"Setidaknya, secara praktis lebih murah dari pembangkit eksisting," imbuhnya.

Selain itu, ia memaparkan alasan keuntungan penjualan listrik, misalnya terkait harga jual listrik yang bagus seperti di Jakarta dan bali yang banyak kegiatan bisnis dan wisata.

"Jakarta kan kegiatan bisnis dan Bali harga jualnya tinggi karena itu daerah wisata, BPP agak tinggi sedikit tapi karena daerah wisata harga jualnya bagus," ungkapnya.


Sementara itu, daerah yang tidak memiliki selisih BPP dengan harga jual atau yang tak terlalu jauh dengan penjualan, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. (ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed