Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 09:59 WIB

Wusss, 11 Mobil Digas 100 Km/Jam Pakai B30 di Suhu Rendah

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Bandung Barat - Setelah sukses pada uji coba startability kemarin, bahan bakar campuran biodiesel 30% atau B30 kembali dilakukan uji jalan atau road test pada 11 kendaraan. Uji jalan dilakukan atas beberapa jenis kendaraan.

Uji jalan dilakukan terhadap dua jenis kendaraan yakni mobil berat di bawah 3,5 ton yang terdiri dari mobil-mobil ternama bermesin diesel seperti Fortuner, Pajero, Nissan Terra dan DFSK. Jenis kedua untuk kendaraan dengan berat di atas 3,5 ton antara lain, truk Mitsubishi Fuso Colt Diesel, Isuzu NMR71TSD, dan UD Truck.

Untuk mobil berat di bawah 3,5 ton mengambil rute Lembang menuju Tegal, melalui Nagrek, Tasikmalaya, Kuningan. Setelah sampai Tegal rombongan akan menuju Subang melalui tol Trans Jawa.


Sementara untuk mobil berat di atas 3,5 ton mengambil rute Lembang menuju Karawang. Kemudian kembali lagi menuju Subang.

Rombongan mulai tancap gas dari Lembang sekitar pukul 03.00 WIB. Sengaja dipilih pagi buta untuk melihat ketahanan B30 di suhu yang rendah.

Sepanjang perjalanan detikFinance belum menemukan adanya kendala. Mobil uji coba digas dengan kecepatan maksimal 100 kilometer (km) per jam.


Kendaraan kategori berat di bawah 3,5 ton targetnya menempuh jarak 50 ribu km dengan jarak tempuh per hari 640 km. Sementara kendaraan berat di atas 3,5 ton targetnya 40 ribu km dengan jarak tempuh per hari 340 km.

Saat ini progres uji coba jalan dari masing-masing kendaraan rata-rata sudah mencapai 50-60%. Targetnya pada hingga pertengahan September sudah mencapai 90% dan hasilnya akan diserahkan ke Presiden.

Wusss, 11 Mobil Perdana Jajal Pakai B30Foto: Danang Sugianto


Simak Video "Uji Coba B30, ESDM Pastikan Performa Mesin dan Biaya Servis"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed