Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 21 Agu 2016 18:20 WIB

Harga Avtur di Bandara Soetta Masih Mahal, Ini Respons Pertamina

Michael Agustinus - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Dalam rapat di Kemenko Kemaritiman pada 2 Agustus 2016 lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa harga avtur di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, masih lebih mahal 26% dari Bandara Changi di Singapura.

Akibatnya, biaya penerbangan tidak efisien. Banyak maskapai-maskapai penerbangan dari Indonesia yang kerap transit di Singapura untuk mengisi bahan bakar karena di sana lebih murah.

PT Pertamina (Persero) mengaku telah berupaya melakukan efisiensi, misalnya dengan memperpendek rantai suplai avtur. Solusi-solusi lain untuk menekan harga avtur akan dicari bersama dengan pemerintah.

"Dari sisi internal, kami tentunya memaksimalkan rantai suplai yang paling efisien agar kompetitif harganya, dan kami siap kerja sama dengan pemerintah untuk solusi terbaik," kata VP Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, kepada detikFinance, Minggu (21/8/2016).

Dalam waktu dekat ini, Pertamina dan pemerintah akan kembali rapat membahas apa saja upaya-upaya yang perlu dilakukan agar harga avtur bisa semakin efisien.

"Kami dalam waktu dekat akan hadir rapat bersama Pak Menko Kemaritiman dan di sana tentunya akan diupayakan solusi-solusi terbaik untuk kepentingan masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa dirinya menerima komplain dari Menteri Perhubungan Budi Karya soal harga avtur yang masih tinggi.

Luhut menyatakan, perlu segera dilakukan kajian untuk mencari biaya-biaya apa saja yang dapat ditekan supaya harga avtur di dalam negeri turun.

"Kita review semua, dari komplain Pak Budi Karya kenapa harga avtur di Bandara Soetta ini harganya 26% lebih mahal dari di Singapura. Intinya kita dengan sekeliling ini bersaing, jadi tidak boleh mahal-mahal, bersaing murah-murahan. Untuk itu efisiensi menjadi kata kunci," tegasnya. (feb/feb)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com