Banyak Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Jokowi: Nanti Saya Bawa ke KPK

Maikel Jefriando - detikFinance
Selasa, 01 Nov 2016 17:01 WIB
Foto: Pool
Jakarta - Sebanyak 34 proyek pembangkit listrik diketahui mangkrak sejak 8 tahun terakhir. Pemerintah akan segera mengevaluasi proyek tersebut dan bila tidak ada peluang untuk dilanjutkan maka pemerintah akan menempuh jalur hukum bila diperlukan.

Demikian disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

"Kalau saya lihat satu dua nggak bisa diteruskan karena sudah hancur, sudah karatan tinggal kepastian. Kalau ini memang tidak bisa diteruskan ya sudah, nanti saya bawa ke KPK," tegas Jokowi di depan para menteri.

Hal ini dikarenakan dana yang dibutuhkan untuk melanjutkan proyek tersebut sangat besar. Nilainya, kata Jokowi bahkan mencapai triliunan rupiah.

"Karena ini menyangkut uang yang bukan kecil, 34 pembangkit listrik, sampai sekarang saya belum mendapatkan kepastian mengenai ini," jelasnya.

Jokowi meminta laporan audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebelum pengambilan keputusan. Ini harus ada kepastian dalam waktu dekat.

‌"Tolong nanti disampaikan ke saya totalnya berapa, ini sudah menyangkut angka yang triliunan dan ini tidak boleh dibiarkan terus menerus," ujarnya.

Kepada para jajaran kabinet, Jokowi mengingatkan agar lebih berhati-hati dalam menjalankan program pembangunan. "Saya minta yang baru ini betul-betul hati-hati semuanya, ungkap Jokowi. (mkl/ang)