Follow detikFinance
Rabu 28 Dec 2016, 13:58 WIB

Garap 'Harta Karun Energi' RI, Pertamina Siapkan Rp 5,6 Triliun

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Garap Harta Karun Energi RI, Pertamina Siapkan Rp 5,6 Triliun Foto: Ardan Adhi Chandra
Minahasa - PT Pertamina Geothermal Energi (PGE), anak usaha Pertamina yang bergerak di bidang pengembangan panas bumi alias 'harta karun energi Indonesia', menyiapkan dana sebesar US$ 430 juta atau setara dengan Rp 5,6 triliun untuk membangun sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yang tersebar di beberapa daerah pada 2017.

"2017 kita alokasikan anggaran kita sekitar US$ 430 juta. Itu untuk proyek-proyek panas bumi yang akan dilanjutkan," jelas Direktur Utama PGE Irfan Zainuddin di Minahasa, Sulawesi Utara, Rabu (28/12/2016).

Beberapa proyek PLTP yang bakal dimulai tahun depan, antara lain PLTP Lumut Balai di Sumatera Selatan dan PLTP Bengkulu. Sedangkan PLTP yang akan selesai tahun depan, yaitu PLTP Karaha Bodas di Tasikmalaya dan PLTP Ulubelu Unit 4.

"Jadi tahun depan yang akan selesai itu Karaha 35 MW, Ulubelu unit 4 55 MW," ujar Irfan.

Tidak hanya itu, eksplorasi panas bumi di tahun depan juga akan dilanjutkan seperti di Gunung Lawu di Jawa Tengah, Seulawah di Aceh. Sedangkan eksplorasi yang sudah berjalan tahun ini seperti di Bukit Daun di Bengkulu.

"Kita sekarang ada eksplorasi, tahun 2017 kita ada Gunung Lawu di Jawa Tengah. Lalu ada di Seulawah Aceh dan sekarang yang sedang berjalan di Bukit Daun di Bengkulu," tutup Irfan.

(mca/mca)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed