Follow detikFinance
Selasa 14 Mar 2017, 15:19 WIB

Target Jonan: Ada 5.000 Dispenser BBG Terpasang di SPBU

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Target Jonan: Ada 5.000 Dispenser BBG Terpasang di SPBU Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, menargetkan sebanyak 5.000 unit dispenser bahan bakar gas (BBG) bisa terpasang di setiap SPBU dalam kurun waktu tak lebih dari dua tahun.

"SPBU Indonesia ada berapa? Ada 5.000. Nanti ditentukan per wilayah dalam 6 bulan harus pasang dispenser gas atau 18 bulan. Kalau itu bisa, nanti mungkin dalam 1-2 tahun akan ada 5.000 dispenser. Di setiap SPBU minimal 1 atau mungkin 4 nozzle atau 8 nozzle, nah 1 nozzlenya itu gas," ungkap Jonan, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Jonan mengatakan, Indonesia bisa memproduksi gas bumi dengan volume yang besar. Dari catatannya, produksi gas bumi Indonesia per harinya mencapai sekitar 1,4 juta sampai 1,5 juta BOEPD (barel oil equivalent per day).

"Sedangkan minyak mentah produksinya sekitar 800 ribu hingga 820 ribu barel per hari. Jadi gas masih jauh banyak untuk kita. Kalau mengatakan ini untuk mengurangi impor dan segalanya, mungkin PR 3 atau 4. Kalau mau tanya DMO (Domestik Market Obligation) nya berapa, saya inginnya sih DMO 100%" kata Jonan.

Untuk itu, dirinya bakal secepatnya menyiapkan aturan dalam bentuk Peraturan Menteri (Permen) ESDM yang mewajibkan setiap SPBU wajib menyediakan satu dispenser BBG.

"Kewenangannya (aturan) di saya, itu nanti sekitar seminggu dua minggu ya Pak (sudah ada aturannya)," tutur Jonan. (wdl/wdl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed