Follow detikFinance
Jumat 17 Mar 2017, 17:50 WIB

Antusiasnya Mahasiswa Ikut Kuis Gross Split dari Arcandra

Muhammad Idris - detikFinance
Antusiasnya Mahasiswa Ikut Kuis Gross Split dari Arcandra Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar, hari ini menyambangi Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta. Kedatangannya tersebut dalam rangka memberi kuliah umum di depan ratusan mahasiswa tentang bagi hasil gross split.

Bahasa Arcandra yang gurih membuat pembahasan gross split selama kurang lebih sejam ini berlangsung tak membosankan, serta mudah dicerna. Meski didominasi mahasiswa Jurusan Perminyakan, kuliah umum ini bersifat terbuka sehingga hadir beberapa mahasiswa dari jurusan dan fakultas lain.

Saat membandingkan perbedaan gross split dan cost recovery, Arcandra menganalogikannya dengan membeli sebotor air mineral dari pedagang pinggir jalan dan hotel bintang lima. Begitu pun penjelasan persentase bagi hasilnya yang dianalogikan dengan pembagian karung beras pemilik tanah dan petanu penggarap. Semua jadi mudah.

Peserta kuis gross split migsa dari Arcandra TaharPeserta kuis gross split dari Wamen ESDM Arcandra Tahar Foto: Muhammad Idris/detikFinance

Begitu masuk sesi tanya jawab suasana berupah jadi riuh. Arcandra tak mempersilahkan mahasiswa yang hadir bertanya, melainkan sebaliknya dirinya yang bertanya untuk melihat sejauh mana mahasiswa dan dosen ini mendengarkan paparannya.

"Coba siapa yang bisa jawab, yang muda dulu. Ini pertanyaannya," kata Arcandra yang antusias. Beberapa mahasiswa berdiri mengacungkan jarinya berharap ditunjuk.

"Berapa base split bagian untuk negara dan kontraktor untuk gas di gross split?

Seorang mahasiswi mengajukan diri maju ke mikrofon, "30:70 Pak," ucap sang mahasiswi ragu-ragu.

"Salah !" jawab Arcandra.

Peserta kuis gross split dari Wamen ESDM Arcandra TaharPeserta kuis gross split dari Wamen ESDM Arcandra Tahar Foto: Muhammad Idris/detikFinance


Seorang lagi maju menjajal, kali ini seorang pria yang kebetulan berprofesi sebagai dosen.

"Jawabannya 52:48 Pak. 48 bagian pemerintah," jawabnya.

Pertanyaan kedua dilontarkan Arcandra. "Kali ini lebih susah, tidak ada di materi tadi. Coba lapangan mana yang pertama kali menggunakan skema gross split?" tanyanya lagi.

Seorang mahasiswa mengajukan diri dengan kilat dan langsung menjawabnya. "ONWJ Pak," jawabnya mantap.

Terakhir, Arcandra memberikan pertanyaan apa saja manfaat dari pemberlakuan gross split?

"Membuat efisiensi Pak. Kalau dengan gross split biaya ditentukan sendiri," kata sang mahasiswa.

Peserta kuis gross split dari Wamen ESDM Arcandra TaharPeserta kuis gross split dari Wamen ESDM Arcandra Tahar Foto: Muhammad Idris/detikFinance

Arcandra kemudian mengganjar ketiganya dengan hadiah berupa foto bersama dan hadiah berupa power bank kepada ketiganya. (idr/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed