Follow detikFinance
Sabtu 18 Mar 2017, 21:08 WIB

Listrik Desa di Kalbar Ini Tak Lagi Byar Pet 6 Kali Seminggu

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Listrik Desa di Kalbar Ini Tak Lagi Byar Pet 6 Kali Seminggu Foto: Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Mempawah - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan 8 Mobile Power Plant (MPP) Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG). Salah satunya berada di Desa Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), dengan kapasitas 100 MW.

Salah seorang warga Desa Jungkat, Dul Halim (63), mengatakan sebelum dibangunnya MPP PLTG ini, kawasan tempat tinggalnya kerap mati listrik mendadak. Bahkan, kata Dul Halim, aliran listrik mati dengan jangka waktu yang cukup intens.

"Kalau satu minggu bisa mati 5 sampai 6 kali. Itu sebelum dibangun ini (MPP PLTG Mempawah)," ungkap Dul Halim saat berbincang dengan detikFinance di lokasi peresmian, Sabtu (18/3/2017).

Baca juga: Resmikan 8 Pembangkit Listrik, Jokowi: Alhamdulillah Selesai

Terlebih ia mengatakan, saat ketika masuk menjelang bulan puasa, aliran listrik kerap mati dalam jangka waktu yang cukup panjang, mulai dari petang hingga pukul 22.00.

Bukan itu saja, anak-anak terpaksa belajar diterangi cahaya lilin.

"Pakai lilin biasanya (untuk belajar), cuma kan remang-remang cahayanya. Jadi tetap sulit untuk membaca," jelas Dul Halim.

Baca juga: Cerita Jokowi Beri Waktu Dirut PLN 6 Bulan Bangun Pembangkit Listrik

Namun, kata Dul Halim, setelah beroperasinya MPP PLTG yang dibangun oleh PT PLN (Persero) November 2016 lalu, pasokan listrik berangsur membaik. Tidak sering mati seperti dulu.

"Untuk sekarang kondisi listrik di Jungkat sudah lumayan dan membaik. Sudah tidak sering mati lagi," tuturnya.

Bahkan, warga mulai berani keluar rumah saat malam hari.

"Sekarang sudah tidak sering mati listrik seperti dulu. Jadi keluar malam hari juga sudah tidak takut seperti dulu. Manfaatnya banyak. Kebutuhan listrik kita jadi terus tercukupi, untuk rumah tangga dan lain-lain. Pasokan listrik kan bagus lancar," pungkas Dul Halim.

(hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed