Follow detikFinance
Kamis 20 Apr 2017, 15:56 WIB

PTBA Mampu Bikin Pembangkit Listrik Sampai 5.000 MW

Michael Agustinus - detikFinance
PTBA Mampu Bikin Pembangkit Listrik Sampai 5.000 MW ilustrasi Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) merambah bisnis pembangkit listrik. Bisnis ini diyakini bakal menjadi salah satu tumpuan PTBA di masa mendatang, selain tentunya pertambangan batu bara.

Menurut Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin, perusahaan pelat merah itu punya cadangan batu bara yang cukup melimpah, cukup untuk mengembangkan banyak pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) hingga kira-kira 5.000 MW.

"Pengembangan PLTU salah satu harapan kita ke depan. Dengan cadangan deposit kita, PTBA punya kemampuan mengembangkan sampai 5.000 MW. Terus terang masa depan PTBA di pembangkit ini," kata Arviyan dalam konferensi pers usai RUPST di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Proyek pembangkit listrik terbesar yang akan dibangun PTBA adalah PLTU Sumsel 8 kapasitas 2 x 660 MW. Pembangkit mulut tambang ini bakal mulai dibangun pada 2021.

"PLTU Sumsel 8 sudah ada PPA (Power Purchase Agreement/perjanjian jual beli listrik), dalam RUPTL tetap merupakan proyek yang akan dilaksanakan kita dan PLN. Memang waktunya sedikit bergeser," ucapnya.

Arviyan optimistis bisa semakin banyak mengembangkan pembangkit listrik. Sebab, pemerintah saat ini mendorong pembangunan PLTU mulut tambang di berbagai daerah yang kaya batu bara seperti Sumatera Selatan (Sumsel), Kalimantan Selatan (Kalsel), Kalimantan Timur (Kaltim).

PTBA bisa memperoleh banyak proyek PLTU mulut tambang di daerah-daerah itu. "Kita ikut tender di Kalteng, Kalsel, Kaltim, kita lagi menunggu keputusan PLN," ujarnya.

Untuk mendukung pengembangan PLTU mulut tambang, PTBA akan mengakuisisi sejumlah perusahaan tambang di beberapa lokasi. "Kita sudah punya kajian di Sumsel dan area lain dengan melakukan pola akuisisi terhadap beberapa perusahaan yang bisa dikembangkan untuk PLTU ke depan," tutupnya. (mca/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed