Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 15:13 WIB

Begini Jurus PLN Bereskan Byar Pet di Sumut dan Aceh

Danang Sugianto - detikFinance
Begini Jurus PLN Bereskan Byar Pet di Sumut dan Aceh Foto: Dokumentasi PLN
Jakarta - Beberapa wilayah di Sumatera masih mengalami m listrik alias byar pet. Contohnya di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

Kondisi ini terjadi karena cadangan listrik (reserve margin) di Sumut hanya 5%. Sehingga, saat ada pembangkit listrik yang masuk tahap pemeliharaan dan perlu dipadamkan, tidak cadangan listrik sebagai pengganti.

"Untuk Sumatera Utara itu 5%, jadi kalau ada pembangkit yang dipelihara atau yang gangguan jadi pemadaman," tutur Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin, di Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Ia menambahkan, beban puncak di Sumut dan Aceh mencapai 2.010 MW. Ini lantaran melonjaknya permintaan listrik di pelanggan.

"Jadi pertumbuhan beban sangat agresif sekali. Kalau dari data teman-teman di lapangan itu rata-rata sekarang mengejar pelanggan. Pokoknya satu hari setiap rayon harus nyambung ke pelanggan, rata-rata per rayon itu 10-15 pelanggan," terang Amir.

Untuk mengatasi hal itu, saat ini Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Tapanuli Utara berkapasitas 110 MW sudah beroperasi. Selain itu di Sumut saat ini juga telah hadir kapal pembangkit listrik atau Marine Vessel Power Plant (MVPP) berkapasitas 240 MW.

"Kemudian akan beroperasi lagi Sarulla unit 2 itu 110 MW, jadi kan total 460 MW," imbuhnya.

Sementara di wilayah lainnya di Sumatera sudah lebih baik ketimbang di Sumut dan Aceh. Seperti di wilayah tengah Sumatera saat ini reserve marginnya sudah 10%.

"Karena ada Sumsel 5 beroperasi 300 MW," pungkas Amir. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed