Follow detikFinance
Jumat 11 Aug 2017, 15:08 WIB

JK: Ada 35.000 MW, Tak Perlu Khawatir Kembangkan Mobil Listrik

Muhammad Taufiqqurahman - detikFinance
JK: Ada 35.000 MW, Tak Perlu Khawatir Kembangkan Mobil Listrik Foto: Ari Saputra
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hadir dalam acara pameran otomotif Gaikindo Indonesia Internasional Motor Show (GIIAS) di Tangerang, Banten. Dalam acara itu, JK memaparkan soal pengembangan mobil listrik dan sumber pasokan energinya.

Menurut JK selain aturan yang memudahkan pengembangan mobil listrik, dibutuhkan pula kepastian pasokan energinya. Nah, terkait pasokan energi mobil listrik, pemerintah mengandalkan dari proyek listrik 35.000 megawatt.

"Jangan khawatir karena tiap lima tahun, pemerintah setidak-tidaknya akan membangun 35 ribu megawatt," ujar JK, dalam acara GIAAS.

Program 35 ribu megawatt tersebut bisa menjawab tantangan pasokan energi untuk mobil listrik.

"Anda bayangkan kalau tiap malam dua juta mobil yang di-charge berapa megawatt yang dibutuhkan. Belum lagi 250 juta handphone di-charge pada saat yang sama, tentu kebutuhan listriknya akan melonjak luar biasa di waktu malam hari," terang JK.

JK menambahkan, pemerintah akan menyiapkan infrastruktur dan juga teknologi yang murah untuk menghadapi perkembangan mobil listrik dan juga terkait dengan isu lingkungan.

"Itulah harapan kita semua sehingga baik dari sisi industrinya, baik dari sisi lingkungannya, baik dari sisi efisiensi dan aturan-aturan pemerintah, pemerintah akan selalu mengikuti perkembangan industri dan harus mendahului perkembangan itu Dengan aturan-aturan yang ada sehingga bagaimana industri bisa bersaing, bagaimana industri bisa efisien dan bagaimana industri bisa memperluas pasar dalam negeri dan luar negeri. Itu merupakan harapan kita semua," tutur JK. (fiq/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed