Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Nov 2017 20:26 WIB

Jika Disetujui ESDM, Penyederhanaan Golongan Listrik Start Tahun Depan

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: dok. PLN Foto: dok. PLN
Jakarta - PLN berencana melakukan penyederhanaan golongan pelanggan listrik non subsidi menjadi 5.500 VA. Pelanggan listrik dengan daya 1.300-4.400 VA ditawarkan untuk melakukan migrasi tanpa dikenakan biaya apapun.

Saat ini, PLN masih melakukan beberapa kajian dan juga dibicarakan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Jika rencana ini disetujui, maka upaya penyederhanaan golongan pelanggan listrik bia dilakukan mulai tahun depan.

"Kalau disetujui, kalau diizinkan pak Dirjen (Ketenagalistrikan) iya tahun depan," kata Direktur Utama PLN Sofyan Basir di Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Kamis (16/11/2017).

Sofyan menambahkan, upaya penyederhanaan golongan pelanggan listrik saat ini juga masih dalam rencana. Akan tetapi, rencana ini juga dikembalikan lagi kepada pelanggan apakah ingin melakukan penambahan daya secara cuma-cuma menjadi 5.500 VA atau tidak.

"Datangnya dari masyarakat, mereka yang membutuhkan. Kalau pendidikan maju dan pendapatan tambah besar, kenyamanan tumbuh juga," kata Sofyan.

Ia juga meyakini konsumsi listrik dengan adanya penyederhanaan golongan listrik tidak langsung naik signifikan. Sehingga pasokan listrik PLN saat ini dan beberapa waktu ke depan akan cukup melistriki pelanggan yang bermigrasi.

Ia juga tidak memaksakan pelanggan listrik menambah dayanya hingga 5.500 VA. Jika merasa tidak perlu tambahan daya, maka tidak harus melakukan migrasi ke 5.500 VA.

"Kalau mau (pindah) semua silakan saja. Kalau enggak berminat ya tetap di golongan yang ada," ujar Sofyan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed