Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 21 Feb 2018 13:35 WIB

Bak di Video Game, Truk Bawah Tanah Freeport Disetir Pakai Joystick

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Wilpret Siagian Foto: Wilpret Siagian
Jakarta - Executive Vice President PTFI Tony Wenas bercerita mengenai pemanfaatan teknologi digital dalam mengoperasikan tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia (PTFI). Pemanfaatan teknologi digital dalam pertambangan, kata Tony, dilakukan agar operasional perusahaan tak ketinggalan zaman.

"Kadang-kadang mungkin ada pengusaha, udah ah ngapain digital, karena mungkin yang bersangkutan gaptek (gagap teknologi) dan ada yang buktikan itu berhasil. Tapi kalau dia nggak adaptif pasti ketinggalan, kalau yang lain growth-nya tinggi dia segitu-segitu aja. Digitalisasi itu sangat dominan," kata Tony dalam acara Quo Vadis Ekonomi Digital Indonesia di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Rabu (21/2/2018).

Ia menambahkan operasional tambang bawah tanahnya yang baru di tahun ini menggunakan teknologi yang meminimalisir sentuhan antara pekerja dengan material tambang. Tony mencontohkan peledakan material tambang di bawah tanah hanya cukup dikontrol menggunakan satu tombol di tempat terpisah, layaknya permainan video game.

"Sopir truk tambang bawah tanah duduknya di dalam ruangan AC nggak ada debu, semuanya pakai joystick. Dipasang dinamit orang keluar dan mengangkut pakai joystick jarak 8-12 km dari orang itu sendiri," tutur Tony.

Bahkan, sistem pengawasan terhadap pertambangan di tambang Freeport bisa dilakukan dari jarak jauh memanfaatkan teknologi. "Saya bisa lihat dari laptop atau iPad saya," ujar Tony.

Akan tetapi, pemanfaatan teknologi juga perlu dibatasi agar hubungan antara karyawan tidak renggang.

"Terlepas dari semua proses digital yang ada tentunya human relation, human touch tidak bisa dilupakan. Jangan sampai kasih tahu sebelahan pakai email. Dalam suatu organisasi satu teamwork gunakan alat memudahkan tapi human touch harus kita lakukan," ujar Tony. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com