Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 12 Mar 2018 13:00 WIB

Harga Solar Tak Berubah, Pertamina Minta Tambahan Subsidi Rp 1.000/Liter

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: David Saut Foto: David Saut
Jakarta - Pemerintah ingin menjaga harga solar tidak naik hingga 2019. Untuk dapat merealisasikannya PT Pertamina (Persero) Tbk meminta tambahan subsidi kepada pemerintah.

Direktur Utama Pertamina Ellia Massa Manik mengatakan pihaknya telah mengajukan tambahan subsidi kepada pemerintah, totalnya jadi sebesar Rp 1.000/liter. Hal itu agar bisa menjaga harga solar tetap hingga 2019.

Namun begitu, dirinya masih belum merinci lebih lanjut pengajuan subsidi tersebut.

"(Tambahan subsidi jadi) Rp 1.000/liter," kata Ellia Massa ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (12/3/2018).


Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengajukan permintaan penambahan anggaran untuk menambah subsidi untuk Solar. Pemerintah mengajukan penambahan anggaran subsidi solar dari Rp 500 per liter menjadi Rp 700-1.000 per liternya

"Kita kan pernah dulu kan pengusulan untuk tahun 2018 kita pernah usulkan Rp 750. Mungkin ini kalau melihat proses seperti ini (harga premium dan solar tak naik), berkisar antara itulah, Rp 700 sampai Rp 1.000 lah usulannya, tapi ini masih dalam proses ya," kata Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Ego Syahrial di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat.

Pengajuan permintaan penambahan anggaran subsidi solar itu pun telah dibahas dalam sidang kabinet paripurna bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

(fdl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed