Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Apr 2018 16:23 WIB

52.000 KK di Jabar Selatan Belum Terlistriki, Ini Langkah ESDM

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Dok: PLN Foto: Dok: PLN
Jakarta - Pemerintah saat ini sedang mendorong pembangunan di Jawa Barat (Jabar) bagian Selatan. Salah satu langkahnya dengan membangun 6 Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM).

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan saat ini masih banyak permukiman di Jabar bagian Selatan yang belum teraliri listrik. Angka tersebut mencapai 52 ribu kepala keluarga (KK).

"Kontribusi ESDM adalah di listrik bagaimana ada sekitar lima ribuan KK (kepala keluarga) di 10 lokus yang perlu kita bantu listriknya dan sekitar 52 ribu KK yang teridentifikasi belum teraliri listrik," katanya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Selasa (3/4/2018).


"Solusi salah satunya di PLN sudah ada pembangunan 6 PLTM, tenaga Mikrohidro," sambungnya. Namun, Arcandra memaparkan pihaknya belum bisa memastikan besaran listrik dari PLTM tersebut.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan saat ini diperlukan pembangunan di Jabar bagian Selatan. Sebab ia menilai terdapat kemiskinan yang terjadi di daerah tersebut.

"Itu ada kantong kemiskinan yg tidak sesuai dengan profil Jawa Barat secara keseluruhan. Mau ada perhatian khusus sampai ke level kampung, desa," ungkap Bambang.


Oleh karena itu, pihaknya juga membangun berbagai infrastruktur untuk mendorong pembangunan tersebut.

"Pokoknya yang bisa mengatasi kemiskinan pokoknya yang paling penting adalah akses, membuka akses. Jembatan gantung, jalan desa yang intinya yang kecil-kecil sama mengembangkan pusat ekonomi berbasis nelayan di Pelabuhan Ratu," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed