Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Agu 2018 22:05 WIB

RI Kantongi Komitmen Kerja Pasti Blok Migas Rp 23,5 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar/Foto: Dok. Kementerian ESDM Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar/Foto: Dok. Kementerian ESDM
Jakarta - Pemerintah telah mengantongi komitmen kerja pasti dengan total US$ 1,68 miliar atau setara Rp 23,5 triliun. Komitmen kerja pasti yang dimaksud adalah dana yang bakal dikeluarkan kontraktor sebagai investasi mereka selama 5 tahun yang akan digunakan untuk meningkatkan produksi dan eksplorasi sumur-sumur baru.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, komitmen kerja pasti itu termasuk dari kontrak Blok Rokan.

"Sampai Blok Rokan kita hasilkan komitmen kerja pasti US$ 1,68 billion, Rp 23,5 triliun," kata dia di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (10/8/2018).


Arcandra memaparkan, pada bulan April sudah ada 8 wilayah kerja (WK) terminasi yang sudah terkontrak, Mei 6 WK, Juni 5 WK, Juli 2 WK. Lalu, pada Agustus ini akan terkontrak 4 WK dan September 3 WK.

Lebih lanjut, dia mengatakan, komitmen kerja pasti merupakan komitmen untuk melakukan program kerja selama 5 tahun. Komitmen itu bisa digunakan untuk kegiatan eksplorasi di luar blok yang dikelola kontraktor.

"Komitmen yang digunakan untuk produksi dan ekplorasi wilayah baru di luar blok yang dikerjakan," ujarnya.


Dia mengatakan, jika komitmen itu tidak terlaksana maka uang tersebut akan diserahkan ke pemerintah.

"Tidak mesti di blok itu. Jadi makanya kegiatan eksplorasi setelah ini bangkit. Gimana kalau dia nggak melakukannya, duit ini balik negara. Bukan balik, dia bayar negara dia kan commite waktu penawaran," tutupnya.


Saksikan juga video ' Blak-blakan Jonan: Pertamina Rebut Blok Rokan ':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed