Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Agu 2018 22:40 WIB

Dapat Blok Rokan, Pertamina Kejar Produksi 1,5 Miliar Barel Minyak

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Nadia Permatasari/Infografis Foto: Nadia Permatasari/Infografis
Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan mengelola Blok Rokan selama 20 tahun ke depan. Pertamina mendapatkan blok tersebut setelah bersaing dengan kontraktor eksisting PT Chevron Pasific Indonesia. Pertamina sendiri akan mengelola Blok Rokan mulai tahun 2021.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, pemerintah menyerahkan Blok Rokan ke Pertamina karena memberikan penawaran yang lebih menarik. Dia mengatakan, Pertamina akan memproduksi 1,5 miliar barel setara minyak selama 20 tahun.

"Yang di-propose Pertamina production kan sampai akhir kontrak 1,5 miliar barel untuk 20 tahun," kata dia di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (10/8/2018).



Untuk Chevron, Arcandra tak menyebut target produksi. Tapi, dia menuturkan target produksinya lebih rendah dari Pertamina.

"Angka Chevron keluar nggak disebutin? Nggak, karena angkanya nggak keluar, saya perumpaan angka Pertamina segini, angka Chevron kurang dari ini," ujarnya.


Selain itu, Pertamina menawarkan bonus tanda tangan sebesar US$ 784 juta atau setara Rp 11,3 triliun dan komitmen pasti 5 tahun pertama sebesar US$ 500 juta atau Rp 7,2 triliun. Kemudian, potensi pendapatan negara untuk 20 tahun ke depan sebesar US$ 57 miliar atau Rp 825 triliun.


Saksikan juga video ' Blok Rokan Dicaplok Pertamina Bukan Karena Pemilu 2019 ':

[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed