Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Des 2018 18:26 WIB

Blusukan ke PLTU Batang, Rini: Oktober 2019 Kelar 1.000 MW

Robby Bernardi - detikFinance
Foto: Robby Bernardi Foto: Robby Bernardi
Batang - Pembangunan mega proyekPLTU 2x 1000 MW di Kabupaten Batang, Jawa Tengah kini telah mencapai 63%. Dipastikan pada bulan Oktober 2019, proyek ini akan dilakukan testing operasional.

Hal tersebut disampaikan Menteri BUMN Rini Soemarno, didampingi Direktur PLN, Sofyan Basyir, dan Bupati Batang, Wihaji saat melakukan peninjauan mega proyek PLTU di Ujungnegoro, Batang, Selasa (4/12/2018).

"Alhamdulillah untuk yang 1.000 MW, rencana Oktober 2019 sudah mulai testing operasional. Dengan testing itu, sudah masuk grid ke Jawa-Bali dan menolong kita pada akhir tahun 2019," kata Rini.

Dengan adanya PLTU di batang ini, Rini meminta Bupati Batang Wihaji untuk terus mengembangkan kawasan industri.

"Sudah ada ini (PLTU) , industrinya bisa berkembang di Batang, pak Bupati. Karena listriknya cukup dan jalan tol juga sudah ada," kata Rini.

Rini bilang, untuk mencapai proses pembangunan PLTU di Batang ini tidak mudah, karena memerlukan waktu yang lama dan panjang.

"Proyek ini sebetulnya sudah lama sejak sebelum bapak presiden Joko Widodo memimpin kita semuanya. Memang waktu itu ada masalah banyak hal, terutama pembebasan lahan," kata Sri Soemarno.

Namun akhirnya pihaknya bisa bernafas lega, mengingat progres PLTU bisa berjalan dan akan dilakukan progres testing pada Oktober 2019 mendatang.



(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed