Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 20 Des 2018 08:18 WIB

Terbesar di ASEAN, Proyek 35.000 MW di Karawang Dimulai

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Proyek pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU) Jawa 1 berkapasitas 2 x 880 MW akhirnya masuk ke tahap konstruksi. Proses pencarian dana yang akhirnya rampung setelah berlangsung selama hampir dua tahun ini memberi kepastian pembangunan salah satu proyek dari program 35.000 MW ini.

Proyek ini sendiri terbilang cukup prestisius. PLTGU Jawa 1 yang mengintegrasikan infrastruktur gas dan pembangkit listrik menjadi yang pertama kali di Asia dan terbesar se-Asia Tenggara.

Dengan predikat tersebut, tak tanggung-tanggung tiga perusahaan kelas dunia pun digaet untuk membangun proyek ini yakni General Electric (GE) dari Amerika Serikat (AS), Samsung C&T (Korea Selatan) dan Meindo Elang Indah. Pembangunan PLTGU Jawa 1 yang dilakukan oleh PT Jawa Satu Power, merupakan perusahaan konsorsium dari PT Pertamina Power Indonesia (PPI) bersama dengan Marubeni Corporation dan Sojitz Corporation dari Jepang.

Menko Perekonomian Darmin Nasution, Dirut Pertamina Nicke Widyawati hingga Dubes AS Joseph R. Donovand Jr pun mampir ke Karawang untuk meresmikan groundbreaking proyek yang sudah ditenderkan sejak tahun 2016 ini. Berikut ulasan lengkapnya: (eds/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Mega-Prabowo Bersua
Mega-Prabowo Bersua Selengkapnya