Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Jan 2019 20:26 WIB

Kontrak Blok Rokan Diteken Pekan Depan, Pertamina Bisa Mulai Ngebor

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Lapangan Minas di kawasan blok Rokan/Foto: Muhammad Idris-detikFinance Lapangan Minas di kawasan blok Rokan/Foto: Muhammad Idris-detikFinance
Jakarta - Pemerintah menyatakan kontrak Blok Rokan akan diteken pekan depan. Setelah diteken, PT Pertamina (Persero) sebagai pengelola blok yang baru bisa menyusun program pengeboran untuk menjaga produksi.

"Chevron baru 2021, sejak kita teken nih minggu depan Rokan, sudah mulai ada program-program Pertamina bisa melakukan pengeboran di lapangan Rokan. Untuk menjaga penurunan produksi, kalau dibiarkan pasti turun," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (11/1/2019).


Dia mengatakan, Blok Rokan merupakan salah satu andalan pemerintah untuk menjaga produksi minyak dalam jangka pendek. Sementara, untuk jangka panjang pemerintah mendorong kegiatan eksplorasi.

"Sejak kita tanda tangan kontrak minggu depan, Pertamina sudah mulai menyusun program untuk merencanakan pengeboran bersama Cevron dan SKK Migas," ujarnya.

"Syukur-syukur bisa naik tapi paling tidak laju penurunan bisa kita tahan," sambungnya.


Untuk diketahui, pemerintah mengumumkan pengelola Blok Rokan yang baru yakni Pertamina pada 31 Juli 2018. Pertamina baru benar-benar mengelola Blok Rokan pada tahun 2021.

Untuk mengelola Blok Rokan, Pertamina menawarkan bonus tanda tangan Rp 11,3 triliun, komitmen kerja pasti Rp 7,2 triliun, serta potensi pendapatan negara dalam 20 tahun ke depan sebesar US$ 57 miliar atau sekitar Rp 825 triliun. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed