Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 24 Mei 2019 14:35 WIB

Pasokan Avtur ke Bandara Adi Soemarmo Ditambah Jadi 59 Kl/Hari

Ragil Ajiyanto - detikFinance
Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom
Boyolali - Arus mudik Lebaran yang menggunakan pesawat terbang diperkirakan juga akan mengalami kenaikan dibandingkan hari-hari biasa, sehingga jumlah penerbangan juga meningkat. Mengantisipasi lonjakan tersebut, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY, menambah pasokan avtur di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali.

"Kami memprediksi konsumsi Avtur di Bandara Adi Soemarmo akan naik 8%, sehingga selama masa Satgas, kami menambah 4,4 KL/hari dari rata-rata konsumsi harian normal 55 KL/hari menjadi 59,4 KL/hari," kata General Manager Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng & DIY, Iin Febrian, dalam rilisnya Jumat (24/5/2019).

Meski terjadi peningkatan penumpang pesawat, namun pihaknya memprediksi kenaikannya tak akan sebesar saat arus mudik tahun 2018 lalu. Hal itu karena dampak kenaikan tiket pesawat, sehingga pemudik akan lebih memilih melalui jalur darat. Apalagi, jalan tol Trans Jawa saat ini juga sudah beroperasi.


Kemungkinan penurunan jumlah penumpang arus mudik tahun ini juga akan berdampak berkurangnya jumlah penerbangan tak akan sebanyak tahun lalu. Hal itu juga berimbas pada penurunan konsumsi avtur.

"Apabila dibandingkan dengan masa Satgas tahun 2018, kami memprediksi akan terjadi penurunan konsumsi avtur hingga 7% di 4 Bandara di wilayah kerja MOR IV (wilayah Jateng-DIY)," ungkap Iin.

Disamping memastikan kesediaan suplai BBM, Pertamina MOR IV juga menjamin ketersediaan elpiji di wilayah Solo Raya. Pertamina menyediakan penambahan kuota LPG (PSO & Non-PSO) hingga 7,2% dibandingkan rata-rata konsumsi harian 2019 atau menjadi 766,9 Metrik Ton (MT) per hari dari dari rata-rata normalnya 715 MT/hari. Selain itu juga menyiapkan 101 Agen Siaga dan 929 Pangkalan Siaga di wilayah Solo Raya selama beroperasi saat libur lebaran.

Lebih lanjut Iin menjelaskan, bahwa Pertamina telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang mulai aktif bekerja pada H-15 hingga H+15 Idul Fitri. Bahkan pada H-7 sampai dengan H+7 Idul Fitri, supply point atau TBBM di wilayah Jateng dan DIY akan beroperasi selama 24 Jam.


Hal itu sebagai antisipasi padatnya arus mudik Lebaran yang menyebabkan kemacetan. Beberapa SPBU yang berada di lokasi strategis pun akan beroperasi selama 24 jam.

"Kami menghimbau bagi masyarakat yang hendak mudik dan berwisata agar mengisi tangki full di SPBU sebelum berangkat dan untuk mempermudah menemukan SPBU terdekat saat perjalanan, masyarakat dapat menggunakan aplikasi Waze atau menghubungi layanan kontak Pertamina di 135," tutup Iin (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed