Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 07 Agu 2019 15:50 WIB

KPK Soroti Pohon Sengon yang Diduga Bikin Listrik Padam Massal

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Ramai isu pohon sengon sebagai penyebab utama listrik padam massal di separuh Pulau Jawa pada Minggu lalu. Hal itu pun menjadi sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam hal pengawasan di tubuh badan usaha milik negara (BUMN).

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang yang menyinggung mengenai hal tersebut. Mulanya dia berbicara mengenai Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), lalu memberi contoh kasus dugaan pohon sengon penyebab listrik PLN mati. Menurutnya ada detail-detail yang harus dilihat terkait SOP yang dilakukan PLN.

"Detail-detail itu memang saya kemarin mengatakan kepada tim pencegahan, kita harus mulai, contoh lah ya, teori-teori harus bangun. Contoh yang sederhana, kemarin PLN itu benar nggak tuh? karena pohon sengon itu, kan ceritanya begitu," kata dia dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (7/8/2019).



Menurutnya bisa saja padamnya listrik memang karena pohon sengon bila pengawasan PLN lemah terhadap sistem ketenagalistrikannya. Secara teori, menurut dia itu memungkinkan.

"Jadi itu terjadi gara-gara pohon sengon ketinggian, listrik padam hampir se-Jawa, karena anda tidak masuk ke detail-detail mengawasi SUTET anda gitu," paparnya.

KPK akan melibatkan peranan Satuan Pengawasan Intern (SPI) di Kementerian BUMN untuk melihat detail-detail yang dilakukan oleh perusahaan pelat merah dalam menjalankan tugasnya.

"Jadi detail-detail ini KPK nanti kita harapkan bisa masuk melewati di SPI. Karena kan SPI akan melihat banyak detail-detailnya. Mudah-mudahan itu bisa dijalankan. Jadi bagaimana mereka bisa menjaga integritas mereka" tambahnya.



Simak Video "Listrik Padam, PLN Wajib Ganti Rugi?"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed