Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Okt 2019 15:48 WIB

23.380 Rumah di Aceh Dapat Listrik di 2020

Agus Setyadi - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Banda Aceh - Pemerintah Provinsi Aceh menargetkan 23.380 unit rumah masyarakat terpasang listrik pada 2022 mendatang. Untuk tahun ini, 5 ribu rumah di Tanah Rencong tersambung aliran listrik.

"Tahun ini total ada 5.623 unit rumah di seluruh Aceh yang mendapat aliran listrik gratis. Ini sebagai bentuk komitmen pemerintah Aceh dalam mewujudkan program Aceh Hebat," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Mahdi Nur dalam keterangan kepada wartawan, Selasa (8/10/2019).

Pemasangan aliran listrik untuk rumah warga miskin di Aceh dilakukan setiap tahun. Untuk tahun depan, ESDM Aceh menargetkan 6.500 rumah mendapat sambungan listrik, dan pada 2021 juga 6.500 akan menjadi terang.


Sementara pada 2022, ada 4.757 rumah yang dipasang listrik. Menurut Mahdi, total rumah yang mendapat sambungan listrik gratis yaitu 23.380 rumah.

"Kami berharap pemasangan listrik itu dapat dilakukan tepat sasaran. Artinya benar-benar masyarakat membutuhkan seperti dhuafa," jelas Mahdi.

Mahdi mengungkapkan, timnya sudah turun ke lapangan untuk melihat rumah-rumah yang layak mendapatkan pemasangan listrik gratis. Selain itu, pihaknya juga mengantisipasi adanya oknum yang memanfaatkan situasi untuk meminta uang.



"Di lapangan kita menanyakan kepada masyarakat untuk mewanti-wanti oknum yang memanfaatkan kondisi ini. Banyak keinginan untuk dipasang listrik, jadi kita mewanti-wanti unsur-unsur yang manfaatkan situasi ini dengan meminta uang, sudah kita cek ternyata tidak ada," jelas Mahdi.

"Harapan kita masyarakat dapat merawatnya, ini bentuk kepedulian pemerintah Aceh pada masyarakat, jadi manfaatkan baik-baik. Ini komitmen dalam mewujudkan Program Aceh hebat," jelasnya.

Setelah adanya listrik, Mahdi berharap masyarakat dapat mengembangkan usaha industri rumahan. Hal itu untuk menambahkan pemasukan bagi keluarga masyarakat miskin di Tanah Rencong.




Simak Video "Energi Alternatif Dari Urine, Malang"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com