Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 18:11 WIB

DPR Berencana Panggil PGN dan Pengusaha Bahas Harga Gas

Trio Hamdani - detikFinance
Pengecekan pipa gas oleh PGN/Foto: Rengga Sancaya Pengecekan pipa gas oleh PGN/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Komisi VII DPR RI bakal memanggil pelaku industri dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN dalam rapat dengar pendapat (RDP) ke depannya. Hal itu untuk membahas permasalahan harga gas antara PGN dan pelaku industri.

"Jadi saya pikir dari Komisi VII akan mengagendakan untuk memanggil semua counterpart (rekanan) yang terkait baik itu di sektor hulunya, pengolahan dan niaganya," kata Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Maman Abdurahman di diskusi 'Membedah Harga Gas Industri Nasional' yang diselenggarakan Energy Watch di Satrio Tower, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Dia menjelaskan, dalam membentuk harga gas ada tiga komponen, yaitu di sisi hulu, biaya pengolahan, dan perniagaan. Ketiga hal yang berkaitan dengan itu akan dipanggil dalam RDP yang belum dijadwalkan itu.


"Jadi ketiga ini akan kita panggil di Komisi VII untuk kita minta pandangannya terkait kondisi harga gas ini, dan juga (memanggil) pemerintah," sebutnya.

Dia belum bisa memastikan kapan DPR bakal memanggil pihak-pihak terkait. Pasalnya Komisi VII sedang mengambil sikap untuk tidak melakukan pekerjaan apapun sampai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali ke Komisi VII. Saat ini KLHK pindah menjadi mitra Komisi IV.

"Kapannya setelah Kementerian Lingkungan Hidup yang sekarang ada di Komisi IV kembali ke Komisi VII. Jadi sementara ini Komisi VII bersepakat untuk tidak melakukan aktivitas kerja apapun selama Kementerian Lingkungan Hidup belum kembali ke Komisi VII," lanjutnya.

Dia pun menilai bahwa di tengah polemik harga gas ini, masing-masing pihak punya kepentingan, baik pelaku industri maupun PGN.

"Namun kita memahami bahwa PGN juga pasti punya kepentingan tersendiri, lalu pelaku industri juga punya kepentingan tersendiri," tambahnya.



Simak Video "Kemunculan Sumber Gas Gegerkan Warga Glagah Lamongan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com