Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Feb 2020 16:10 WIB

Arifin Tasrif Beberkan Program Kerja Kementerian ESDM 2020

Hendra Kusuma - detikFinance
Komisi VII DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri ESDM Arifin Tasrif. Salah satu hal yang dibahas dalam rapat ituadalah wacana kenaikan harga elpiji 3 kg. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif siang ini melaksanakan rapat kerja (raker) bersama Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Dalam rapat tersebut, Arifin menjelaskan program kerja Kementerian ESDM di tahun 2020.

Dia menyebut, ada lima program nasional yang akan dijalankan Kementerian ESDM. Pertama adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas.

"Komitmen ESDM dalam pengembangan EBT, peningkatan nilai tambah, dan pemenuhan kebutuhan energi dalam negeri," kata Arifin di ruang rapat Komite II DPD, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Program utama kedua, kata Arifin adalah mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan. Beberapa program yang telah dilakukan adalah BBM satu harga. Program ini telah dilakukan di 170 titik hingga tahun 2019.

Program utama ketiga, dikatakan Arifin adalah meningkatkan sumber daya manusia (SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Program utama keempat, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar.

"Ini penyediaan kebutuhan dasar masyarakat seperti listrik, BBM, gas, dan air bersih," jelas dia.

Program utama kelima, adalah membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim. Menurut Arifin program ini menjadi komitmen Kementerian ESDM dalam menjaga lingkungan dan mitigasi bencana geologi.

"Kita mendorong pengurangan emisi hingga reklamasi lubang bekas tambang," ungkap dia.



Simak Video "Usai Dilantik Komisaris, Ahok Hadiri Diskusi Energi"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com