Mau Listrik PLN Gratis Bulan Agustus? Begini Caranya

Anisa Indraini - detikFinance
Rabu, 05 Agu 2020 09:58 WIB
Warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Dampak penyebaran pandemi virus COVID-19, Pemerintah mmenggratiskan pembayaran listrik bagi 24 juta masyarakat miskin, untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA gratis biaya listrik selama 3 bulan (April-Juni 2020) sedangkan bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi akan diberikan diskon 50 persen. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Ilustrasi/Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

PT PLN (Persero) kembali menyiapkan stimulus dalam bentuk diskon listrik di Agustus ini. Bantuan diberikan dalam rangka pandemi Corona yang diberikan khusus untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA.

Besaran diskonnya masih sama yakni 100% alias gratis untuk untuk pelanggan 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan 900 VA bersubsidi, ditandai dengan kode R1 pada struk pembayaran listrik.

Cara untuk mendapat listrik gratis ini cukup mudah. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Dikutip dari situs resmi PLN, Rabu (5/8/2020), berikut caranya:

1. Lewat Website

Pertama-tama, akses laman resmi PLN di alamat www.pln.co.id. Kemudian pilih (klik/tap) 'Stimulus COVID-19 (Token Gratis/Diskon)' dari tiga pilihan yang tertera di layar.

Setelah itu, masukan ID pelanggan atau nomor meteran pada kolom pencarian. Masukan kode captcha, lalu klik cari.

Token listrik gratis atau diskon 50% akan tampil pada kolom keterangan. Token listrik gratis atau diskon 50% berhasil didapatkan dan bisa digunakan.

Kode yang didapat dari www.pln.co.id tersebut langsung bisa dipakai pada kWh meter di rumah.

2. Via WhatsApp

Untuk mendapatkan token listrik gratis di WhatsApp, caranya juga cukup mudah. Pertama-tama chat PLN di nomor 08122-123-123. Kemudian, pengguna akan diberikan pilihan dengan tulisan 'Ketik 1 untuk Info Listrik Gratis/Diskon Stimulus COVID-19'.

Format pesan yang akan Anda terima adalah sebagai berikut:

"Halo Electrizen. Ketik 1 untuk info listrik gratis/diskon stimulus COVID-19. Ketik 2 untuk baca meter mandiri pemakaian listrik (pascabayar)".

Kirimkan ID pelanggan atau nomor meteran listrik setelah mendapatkan balasan pesan otomatis selanjutnya. Format pesan otomatis yang akan Anda terima adalah seperti berikut:

"Halo electrizen, pemerintah memberikan listrik gratis untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan diskon 50% untuk pelanggan rumah tangga 900 VA subsidi (sesuai data terpadu kesejahteraan sosial) dan pelanggan bisnis dan industri 450 VA. Silakan masukan ID pelanggan/nomor meter Anda ya?"

Setelah itu sebuah pesan otomatis berisi token gratis/diskon listrik akan Anda terima dan siap digunakan.



Simak Video "Tagihan Listrik Naik, PLN: Bayar Bisa Dicicil"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)