Tagihan Pelanggan Bengkak sampai Rp 19 Juta, Ini Solusi PLN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 06 Agu 2020 10:08 WIB
Menyambut lebaran Idul Fitri 1438H, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberi diskon hingga 50 persen untuk penyambungan tambah daya dan baru.
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT PLN (Persero) tengah mencari solusi atas bengkaknya tagihan listrik pelanggan 900 VA yang mencapai Rp 19 juta. Bengkaknya tagihan listrik ini terjadi karena kesalahan pencatat meter, hingga akhirnya ada penumpukan sampai dua tahun.

Manajer PLN UP3 Makassar Selatan Raditya Hari Nugraha mengatakan, pihaknya tetap mencatat tagihan listrik dari pelanggan yang diketahui bernama Tumiran. Sebab, itu berkaitan dengan kewajiban kepada negara.

"Mekanisme pertama kita mengupayakan apa energi yang sudah digunakan pelanggan tadi bisa ditagihkan karena ini juga berkaitan kewajiban kami kepada negara, apa yang memang energi sudah digunakan," terangnya kepada detikcom, Rabu malam (5/8/2020).

Namun, pihaknya akan memberikan kemudahan kepada pelanggan sehingga tidak memberatkan. Menurutnya, mekanisme yang ditawarkan ialah berupa angsuran tagihan listrik yang disesuaikan dengan kemampuan pelanggan.

"Mekanismenya memang kami akan berikan kemudahan kepada Pak Tumiran nantinya kepada pelanggan untuk melakukan proses penyesuaian pembayarannya ada selisih tadi itu yang bisa untuk dilakukan pengangsuran. Untuk mekanisme pengangsurannya kami juga menyesuaikan dengan kemampuan pelanggan itu sendiri kalau seandainya berat," terangnya.

"Maka kami akan lebih fleksibel dari sisi waktunya untuk melakukan pengangsuran sehingga tidak membebani dan memberatkan bulanannya," imbuhnya.

Hal ini pun menjadi pembelajaran bagi PLN. Dia bilang, pencatat meter yang dipekerjakan oleh mitra pun sudah diberhentikan.

"Karena kami pun melihat salah satunya kelalaian mitra kami, maka nantinya kami pun akan lebih fleksibel mengikuti kemampuan pelanggan," tutupnya.



Simak Video "Tagihan Listrik Naik, Tompi: PLN Harus Perbaiki Komunikasi Publik"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)