4 Seleb yang Pernah Teriak Gara-gara Tagihan Listrik Bengkak

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 06 Agu 2020 11:08 WIB
Menyambut lebaran Idul Fitri 1438H, Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberi diskon hingga 50 persen untuk penyambungan tambah daya dan baru.
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Jagat maya tengah dihebohkan oleh tagihan listrik pelanggan 900 VA yang bengkak sampai Rp 19 juta. Setelah dikonfirmasi, PT PLN (Persero) mengungkap, tagihan itu bengkak karena ada masalah yang disebabkan oleh pencatat meter.

Pencatat meter tidak melakukan tugasnya dengan benar sehingga terjadi penumpukan tagihan sampai dua tahun. Atas kondisi ini, pencatat meter itu diberhentikan oleh mitra PLN yang mempekerjakannya.

Tagihan listrik yang jebol bukan pertama kali terjadi. Beberapa publik figur belakangan juga pernah merasakan tagihan listriknya bengkak. Ini daftarnya:

1. Kartika Putri

Artis cantik Kartika Putri pernah mengeluhkan tagihan listriknya lewat story di Instagramnya. Kartika mengaku kesal sebab tagihan listriknya melonjak hampir Rp 17 juta. Padahal, menurut Kartika, biasanya ia hanya membayar Rp 6-7 juta setiap bulannya.

"Per bulan biasanya 6-7 juta, kena bulan ini bisa sampai 17 jutaan ya. Mohon penjelasannya ya bang @infopln @pln_id @pln123_official," tulis Kartika dalam story Instagramnya, dikutip detikcom, Jumat (10/7/2020).

2. Chef Arnold

Sebelum Kartika Putri, ada Chef Arnold Poernomo yang mengeluhkan hal serupa. Chef Arnold mengaku kaget melihat tagihan listriknya yang naik 4 kali lipat dari rata-rata Rp 2,5 juta menjadi Rp 10 juta.

Keluhannya itu ia tulis melalui akun Twitter @ArnoldPoernomo pada Kamis (9/7).

"Woi @infoPLN kenapa tagihan harga listrik rumah saya naik turun dari Rp 2,5 juta jadi Rp 10 juta? Kenapa?" tulis Arnold.

Tak hanya itu, Arnold melanjutkan kembali cuitannya yang menyatakan keberatan pada tagihan listrik yang membengkak itu.

"Tapi kenapa lampu dan rumah saya tidak se-shining, shimmering, dan splendid Rp 10 juta?!!!! Ente maunya apa ini ha?!!!!!!!!" tulis Arnold lagi.

3. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga pernah mengeluhkan mahalnya tagihan listrik yang mereka bayar. Mereka mengaku bisa mengeluarkan uang Rp 1 juta untuk membeli token listrik hanya untuk dua hari atau bisa mencapai Rp 17 juta per bulan.

"Pokoknya sejuta tuh bisa dua hari. Padahal listrik yang di bawah ini nggak selalu nyala. Berarti kan si listriknya itu kan nggak ke jalurnya, benar nggak?" keluh Nagita Slavina kepada petugas PLN yang disiarkan dalam channel YouTube Trans TV, Selasa (2/6/2020).

4. Tompi

Terakhir ada dokter sekaligus penyanyi Tompi yang sempat mengeluhkan hal yang sama. Keluhannya bahkan sempat jadi trending topic di Twitter waktu itu. Tompi menganggap kenaikan tagihan listriknya tidak masuk akal.

"TAGIHAN PLN MENGGILA! Ini dr PLN kagak ada konfirmasi2 sikat utama aja." di akun Twitter-nya @dr_tompi pada Kamis (10/6/2020).



Simak Video "Tagihan Listrik Naik, Tompi: PLN Harus Perbaiki Komunikasi Publik"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)