Listrik Mulai Dinyalakan Usai Gempa di Mejene dan Mamuju

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 15 Jan 2021 11:27 WIB
Selama 25 hari petugas PLN memperbaiki jaringan listrik di Palu dan sekitarnya pasca gempa dan tsunami akhir September lalu. Yuk lihat perjuangan mereka.
Foto: Pool/PLN.
Jakarta -

PT PLN (Persero) memastikan pemulihan kelistrikan sudah dilakukan di kawasan Mamuju dan Majene usai mengalami gempa terkini 6,2 SR dini hari tadi. Setidaknya ada 463 gardu distribusi listrik telah berhasil dinormalkan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UIW Sulselrabar) Awaluddin Hafid mengatakan 123 personil telah diterjunkan untuk memulihkan kelistrikan terdampak gempa tersebut.

PLN juga sedang mengirimkan personil tambahan yang berasal dari Pinrang, Parepare, Palopo dan Palu untuk membantu upaya pemulihan tersebut. Tidak hanya personil, perlengkapan dan material seperti genset kapasitas kecil, lampu emergensi, mobil layanan teknik, turut dikerahkan ke daerah-daerah terdampak gempa.

"Kami terus berupaya agar listrik dapat segera menyala. Tim saat ini sedang berupaya di lapangan untuk melakukan pemulihan, ditambah dari beberapa daerah juga akan bergabung membantu pemulihan. Mohon doanya agar semua lancar," kata Awaluddin dalam keterangannya, Jumat (15/1/2021).

Awaluddin menjelaskan gempa terkini sempat menyebabkan aliran listrik di sebagian wilayah Sulawesi Barat terputus. Hal ini mengakibatkan sebanyak 872 gardu distribusi di Kabupaten Majene dan Mamuju padam dan baru bisa dipulihkan sebanyak 463 gardu.

Pihaknya akan menjadikan fasilitas layanan publik seperti rumah sakit, tempat penampungan pengungsi, instalasi air bersih menjadi prioritas utama pemulihan kelistrikan.

"Listrik untuk fasilitas umum yang digunakan untuk penanganan gempa bumi ini tentu akan menjadi prioritas utama, termasuk gedung pemerintahan," ucap Hafid.

Diberitakan sebelumnya kantor PLN di Mamuju dilaporkan mengalami kerusakan parah akibat gempa terkini di Mamuju dan Majene. Hal ini juga yang membuat aliran listrik sempat padam. "Kantor kami mengalami kerusakan yang cukup parah," kata Humas PLN Wilayah Sulbar, Eko Wahyu Prasongko saat dimintai konfirmasi.

Simak video 'BMKG: Ada 28 Kali Gempa Susulan di Majene Sulbar':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

Tag Terpopuler