Gudang Logistik Terbakar, Ini Deretan Insiden di Pertamina

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 15 Apr 2021 08:11 WIB
Kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Senin (29/3) lalu. Yuk lihat lagi Kilang Balongan sebelum dan saat terbakar.
Pemadaman Kilang Balongan saat Terbakar/Foto: Pool/Pertamina
Jakarta -

Gudang logistik milik PT Pertamina (Persero) di Rantau, Aceh Tamiang terbakar pada Rabu malam. Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Ari Lasta Irawan mengungkapkan kebakaran tersebut terjadi jam 11 malam.

Ini bukanlah kali pertama insiden kebakaran terjadi di Pertamina. Ada beberapa kejadian yang pernah terjadi sebelumnya, ini daftarnya:

1. Kilang Balongan

Belum lama ini kebakaran terjadi di Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Kebakaran ini membuat ratusan warga yang tinggal di sekitar kilang harus mengungsi.

2. Kilang Cilacap

Pada 2 April 2011 lalu tiga tangki minyak Kilang Cilacap terbakar. Tangki terbakar yang berisi minyak ringan High Octane Mogas Component (HOMC) itu menyebabkan kerugian hingga US$ 30 juta. Ada 3 nyawa yang menjadi korban.

3. Kilang Balikpapan

Pada 15 Agustus 2019 terjadi kebakaran di salah satu titik area Kilang RU V Balikpapan, Kalimantan Timur. Pemadaman dilakukan dengan mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran dan 1 unit trailer foam.

4. Sumur di Jambi

Pada 15 Februari 2019 sumur minyak ilegal di Desa Pompa Air, Batanghari, Jambi terbakar. Saat itu Pertamina menyebut jika sumur minyak merupakan milik masyarakat setempat dan ilegal.

Pasca peristiwa itu, Pertamina Jambi bersama Polda Jambi menutup 25 sumur minyak ilegal di Desa Pompa Air, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi. Penutupan sumur minyak ilegal itu dilakukan tepat di area Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Thaha Syaifudin.

5. Kilang Gas Cepu

Pada 9 April 2020 terjadi kebakaran di Central Processing Plant (CPP) Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) Blok Gundih, Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Api diduga berasal dari aktivitas stabilisasi pasca-adanya gangguan di area thermal oxidizer (TOX).

6. Gudang Logistik Aceh

Gudang logistik Pertamina di Rantau, Aceh Tamiang terbakar pada Rabu malam (14/4/). Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Ari Lasta Irawan menjelaskan kebakaran terjadi 11 malam dan api sudah dipadamkan pukul 02.00 WIB oleh Pertamina.

(kil/ara)