Kondisi Terkini Pasokan Listrik NTT Usai Diterjang Badai

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 20 Apr 2021 07:15 WIB
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah memulihkan 359 gardu listrik yang terdampak badai siklon tropis Seroja di Nusa Tenggara Timur (NTT).
Foto: Dok. PLN

Sebanyak empat kabupaten di NTT akhirnya kembali menikmati listrik setelah hampir dua minggu padam. Sebanyak empat kabupaten tersebut yakni Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, dan Kabupaten Belu.

Wilayah tersebut tak mendapat pasokan listrik karena tower transmisi 70 kV yang menghubungkan Maulafa-Naobonat mengalami kerusakan terdampak badai sikon tropis Seroja.

"Saya merasakan kegembiraan masyarakat yang luar biasa setelah dua minggu mengalami kegelapan. Mudah-mudahan ini yang terakhir dan seterusnya kita mengalami terang benderang dengan listriknya PLN yang mengalir ke rumah bapak ibu sekalian atau masyarakat di empat kabupaten tersebut," kata Syamsul Huda.

Pembangunan tower memakan waktu 10 hari dari tanggal 8 April sampai 18 April. Dengan rampungnya pembangunan tower tersebut maka 169.480 pelanggan di 4 kabupaten kembali menikmati listrik. Dia mengatakan, pembangunan tower ini lebih cepat dari target semula yakni 30 hari.

"Pembangunan menara darurat awalnya ditarget rampung selama 1 bulan karena medan begitu sulit, tidak hanya karena hujan dan angin, tapi karena tanah longsor yang membuat tower SUTT di Timor itu roboh dan perkiraan awal kita membutuhkan waktu 30 hari atau sebulan," ujarnya.

"Namun demikian karena kesigapan teman-teman relawan PLN dibantu TNI masyarakat mampu menyelesaikan dalam waktu 10 hari yang berarti lebih cepat dari target sumula," katanya.


(acd/ara)