Kementerian ESDM Buka Lelang 8 Blok Migas, Ini Rincian dan Jadwalnya

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 29 Nov 2021 11:07 WIB
Pertamina akan mengelola Blok Rokan, blok migas yang disebut-sebut terbesar di Indonesia. Di dunia, ada sederet blok migas terbesar juga lho. Ini daftarnya.
Ilustrasi/Foto: Istimewa
Jakarta -

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membuka lelang wilayah kerja (WK) minyak dan gas (migas) tahap II 2021. Sebelumnya, lelang blok migas tahap I telah dilakukan pada Juni 2021.

Jumlah blok migas yang dilelang kali ini sebanyak 8 WK, yang terdiri dari satu wilayah kerja eksploitasi dengan mekanisme Penawaran Langsung, tiga wilayah kerja eksplorasi dengan mekanisme Penawaran Langsung dan empat wilayah kerja eksplorasi dengan mekanisme Lelang Reguler.

"Pemerintah mengundang Badan Usaha dan Bentuk Usaha Tetap yang bergerak pada industri hulu minyak dan gas bumi yang memiliki kemampuan keuangan dan teknis, mampu memenuhi syarat minimum Komitmen Pasti, memenuhi syarat dan ketentuan pokok Lelang Wilayah Kerja, serta memiliki kinerja dan track record yang baik untuk dapat berpartisipasi pada Lelang Wilayah Kerja Migas Konvensional Tahap II Tahun 2021," tulis pengumuman di laman Kementerian ESDM, Senin (29/11/2021).

Berikut rincian wilayah kerja (WK) yang akan dilelang:

A. Penawaran Langsung

- Satu Wilayah Kerja Eksploitasi yang ditawarkan dengan mekanisme Penawaran Langsung:

1. Blok Bertak Pijar Puyuh
Lokasi di daratan Sumatera Selatan, luas 266,99 km2, minimum komitmen pasti 5 sumur workover.

- Tiga Wilayah Kerja Eksplorasi yang ditawarkan dengan mekanisme Penawaran Langsung

1. Blok North Ketapang
Daratan dan Lepas Pantai Jawa Timur, luas 3.121,4 km2, minimum komitmen pasti studi geologi dan geofisika (G&G), dan akuisisi dan processing seismik 3D 300 km2.

2. Blok Agung I
Lepas Pantai Bali dan Jawa Timur, luas 6.656,73 km2, minimum komitmen pasti G&G, dan akuisisi dan processing seismik 3D 2.000 km2.

3. Blok Agung II
Lepas Pantai Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur, luas 7.969,84 km2, minimum komitmen pasti G&G, dan akuisisi dan processing seismik 3D 2.000 km2.

Berlanjut ke halaman berikutnya.