Inflasi Eropa Melonjak Gara-gara Krisis Energi, Tertinggi dalam 24 Tahun

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 01 Des 2021 09:25 WIB
Menghitung mata uang Euro
Ilustrasi/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Harga energi di Eropa terus mengalami peningkatan, bahkan sebelum musim dingin benar-benar dimulai. Kenaikan harga energi yang terus berlanjut ini akhirnya membuat Eropa mengalami inflasi.

Menurut kantor statistik Uni Eropa, Eurostat inflasi tahunan yang terjadi di 19 negara Eropa, termasuk negara dengan ekonomi terbesar di Eropa seperti Jerman, Prancis, Italia dan Spanyol, mencapai 4,9% pada November ini.

Diketahui bahwa penyebab utama dari tingginya lonjakan inflasi kali ini adalah karena harga energi yang terus meningkat. Menurut perkiraan Eurostat, hingga November kemarin harga energi di Eropa telah naik 27,4%.

"Lonjakan inflasi utama terus didorong oleh harga energi yang lebih tinggi, tetapi inflasi inti juga mengalami peningkatan yang sangat kuat, kemungkinan terkait dengan lonjakan harga paket liburan Jerman," jelas Katharina Koenz, seorang ekonom di Oxford Economics dikutip dari CNN, Rabu (1/12/2021).

Dengan angka inflasi tahunan mencapai 4,9%, inflasi Eropa kali ini merupakan yang tertinggi sejak 24 tahun lalu. Di mana kali ini harga konsumen Eropa terus mengalami kenaikan pada laju tercepat sejak 1997, di mana kala itu Eropa juga sempat mengalami inflasi besar-besaran.

Tonton juga Video: Sri Mulyani Minta Waspadai Inflasi AS

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)