Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Jul 2019 22:32 WIB

Tokopedia Diajak Garap Umrah Online, Kominfo: Sahamnya dari Arab

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Tokopedia Foto: Tokopedia
FOKUS BERITA Kisruh Umrah Online
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membeberkan alasannya menggandeng Tokopedia dalam pengembangan umrah online. Menurut Plt Kabiro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu salah satu yang membuat Tokopedia digandeng karena e-commerce satu ini memiliki investasi dari Softbank.

Arab Saudi sendiri memiliki saham kepemilikan di Softbank. Secara tidak langsung, Pemerintah Saudi memiliki kepemilikan Tokopedia.

"Kenapa Tokopedia? Karena mereka itu investor yang ada di Tokopedia itu adalah Softbank. (Softbank) sahamnya adalah dari pemerintah Arab Saudi," kata Ferdinandus kepada detikFinance, Selasa (23/7/2019).


"Jadi Pemerintahan Arab Saudi punya saham di Tokopedia," lanjutnya.

Untuk Traveloka sendiri ikut digandeng Kominfo dalam pengembangan umrah online, karena memang satu-satunya unicorn yang fokus di bidang perjalanan adalah Traveloka.

"Kalau traveloka karena di Indonesia, Traveloka itu unicorn pertama yang bergerak di industri ticketing, travel biro, mereka sudah sangat paham," kata Ferdinandus.

Ferdinandus juga kembali menegaskan bahwa kedua unicorn ini tidak akan menyelenggarakan ibadah umrah.

"Kembali lagi Pak Rudiantara tegaskan kalau dua ini tidak menyelenggarakan umrah," kata Ferdinandus.


Justru, sebelumnya Ferdinan menjelaskan dua unicorn ini akan berkolaborasi dengan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) di seluruh Indonesia. Nantinya Traveloka dan Tokopedia akan membuat platform untuk menghimpun PPIU.

"Jadi mereka (ecommerce dan PPIU) bisa kolaborasi. Mereka bakal jual paket PPIU, tapi penyelenggara (umrah) tetap PPIU, lebih luas platformnya, model bisnisnya masih digarap," tutur Ferdinandus.

Simak Video "Soal Umrah Digital, Menkominfo: Tokopedia cs Bukan Jadi Penyelenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
FOKUS BERITA Kisruh Umrah Online
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed