Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 22:15 WIB

Ada yang Mirip Namanya di Daftar Blokir OJK, Fintech Ini Klarifikasi

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi fintech/Foto: istimewa Ilustrasi fintech/Foto: istimewa
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) beberapa waktu lalu merilis daftar financial technology (fintech) yang tidak terdaftar dan tidak memiliki izin dari regulator. Ada 143 entitas yang terindikasi ilegal alias abal-abal dan sudah diblokir oleh OJK.

Salah satu di antaranya adalah PT Danafix Online Indonesia. Perusahaan P2P Lending tersebut mengklarifikasi bahwa Danafix yang dimaksud dalam rilis OJK adalah aplikasi yang dibuat oleh pihak bernama Pinjaman Indonesia, dan bukan dibuat oleh PT Danafix Online Indonesia.


Berikut klarifikasi Danafix Online Indonesia:

Perlu diluruskan bahwa Danafix yang dimaksud adalah aplikasi yang dibuat oleh pihak bernama Pinjaman Indonesia, dan bukan dibuat oleh PT Danafix Online Indonesia, namun menggunakan nama dan atribut merek yang identik dengan merek Danafix.

Penutupan apilkasi palsu tersebut berdasarkan laporan dari pihak Danafix pada tanggal 26 Maret 2019, karena aplikasi ini dibuat oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab
dengan menggunakan nama dan merek PT Danafix Online Indonesia, sebuah perusahaan yang terdaftar dan diawasi OJK. Dan dapat dilihat pada website OJK (link:chttps://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/data-dan-statistik/direktori/fintech/Pages/Direktori-Fintech-(Peer-To-Peer-Lending)-per-Juni-2018.aspx), Danafix berada di urutan ke-81.

Selain itu, Danafix juga berada di urutan ke-22 pada website Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), link https://www.afpi.or.id/members/page/3. Hal ini tentu saja merugikan PT Danafix Online Indonesia, dan kami telah melaporkan kepada Satgas OJK, AFPI dan Google.

Dokumen verifikasi yang diminta oleh pihak Google telah Danafix penuhi. Saat ini, aplikasi palsu tersebut sudah diblokir oleh OJK dan berdasarkan izin dari OJK pada tanggal 18 Juni 2019 PT Danafix Online Indonesia sudah menerbitkan aplikasi dengan nama Danafix di Google Playstore dan tercatat dengan nama developer PT Danafix Online Indonesia. Dengan aplikasi Danafix, pelanggan baru dapat menikmati layanan "First Loan For Free", yaitu pinjaman tanpa bunga dan tanpa biaya.



Simak Video "1.230 Fintech Ilegal Dibekukan Selama Tahun 2018-2019"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed